eprintid: 71915 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/19/15 datestamp: 2025-07-17 04:30:17 lastmod: 2025-07-17 04:30:17 status_changed: 2025-07-17 04:30:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Abdul Gani, NIM.: 22204092028 title: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI ispublished: pub subjects: 297.266 subjects: 371.2. divisions: mpi_s2 full_text_status: restricted keywords: teknologi informasi; administrasi sekolah; kualitas layanan note: Dr. Adhi Setiyawan, S.Pd., M.Pd. abstract: Penelitian ini mengkaji implementasi manajemen pendidikan Islam berbasis teknologi informasi di SD Muhammadiyah Sokonandi, sebuah sekolah dasar Islam yang menonjol dalam kemampuan manajerialnya dalam mengelola teknologi informasi secara strategis, bukan hanya dalam aspek perangkat keras dan lunak, tetapi juga dalam optimalisasi sistem dan sumber daya manusia. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada masih langkanya praktik manajemen pendidikan Islam berbasis teknologi informasi, khususnya dalam aspek layanan administrasi, meskipun kebutuhan akan integrasi teknologi dalam pendidikan terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan administrasi, pembelajaran, dan sumber daya manusia dapat meningkatkan mutu layanan administrasi di SD Muhammadiyah Sokonandi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi. Fokus penelitian ini adalah pada penggunaan teknologi dalam pengelolaan administrasi, pengajaran, dan pengelolaan sumber daya manusia, serta dampaknya terhadap kualitas layanan administrasi pendidikan yang diterima oleh siswa. Proses analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara sistematis melalui tahap trantesis, pengkodean dengan bantuan NVivo 12, pengelompokan data ke dalam tema-tema relevan, serta penyajian data dalam bentuk narasi yang mengaitkan temuan dengan teori dan konteks penelitian. Tahap akhir berupa verifikasi data dengan informan dan penarikan kesimpulan dilakukan untuk memastikan validitas temuan dan menghasilkan pemahaman mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi informasi di SD Muhammadiyah Sokonandi memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi administrasi dan kualitas komunikasi internal. Keberhasilan ini tidak lepas dari pola pengelolaan yang mengacu pada prinsip-prinsip learning organization sebagaimana dikemukakan oleh Peter Senge dalam bukunya The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning Organization, yang menekankan pentingnya personal mastery, mental models, shared vision, team learning, dan systems thinking dalam membangun budaya organisasi pembelajar. Meski demikian, masih ditemukan hambatan seperti keterbatasan pelatihan teknis bagi tenaga pendidik dan administratif. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan manajemen pendidikan Islam berbasis teknologi informasi, khususnya dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di sekolah Islam dengan pendekatan manajerial yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. date: 2025-06-05 date_type: published pages: 138 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Abdul Gani, NIM.: 22204092028 (2025) MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71915/1/22204092028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71915/2/22204092028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf