TY - THES N1 - Dr. Mohamad Agung Rokhinawan, M.Pd. ID - digilib71919 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71919/ A1 - Tomi Ramadhan, NiIM.: 22204082011 Y1 - 2025/06/13/ N2 - Peneltian ini bertujuan: 1) mengembangkan e-modul berbasis Etnosains pada materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar ekosistem peserta didik. 2) mengetahui kelayakan E-modul berbasis Etnosains untuk meningkatkan hasil belajar materi ekosistem. (3) Untuk mengetahui keefektifan dari E-modul berbasis Etnosains pada materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Terdiri atas lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket/kuesioner, dan test (pretest posttest). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif untuk menganalisis hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, dan validasi produk oleh para ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data penilaian produk oleh praktisi, respon siswa dan dilakukan untuk menganalisis uji efektivitas produk dilakukan dengan membandingkan skor Pretest dan posttest menggunakan bantuan Micrsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran E-modul berbasis Etnosains: 1) e-modul dinyatakan valid dengan hasil validasi oleh ahli materi 94% dan juga ahli media 94% dan ahli bahasa 96% termasuk pada kategori valid dan layak digunakan 2) media dinyatakan menarik dengan hasil respon peserta didik memperoleh presentase 97% 3) e-modul berbasis etnosains dinyatakan efektif digunakan pada proses pembelajaran yang dilihat dengan hasil prestest dan juga posttest yang menunjukan peningkatan hasil, yang mana hasil pretetst 53,5 dan hasil posttest 86,5 yang menunjukan adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik. Yang ditandai dengan 86,5 > 53,5. Serta uji efektivitas dengan menggunakan Ngain pada 10 peserta didik kategori tinggi N gain ?0,7, dan 7 peserta didik kategori sedang N gain < 0,3. E-modul berbasis Etnosains pada materi ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar materi ekosistem pada peserta didik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - e-modul berbasis etnosains; ekosistem; hasil belajar M1 - masters TI - PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM PESERTA DIDIK KELAS V SD/MI. AV - restricted EP - 199 ER -