@phdthesis{digilib71922, month = {May}, title = {PENGEMBANGAN E-BOOK IPA TERINTEGRASI POTENSI LOKAL LANTING KHAS KEBUMEN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP/MTS}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104050043 Fatihatun Ni?mah}, year = {2025}, note = {Ika Kartika, S.Pd., M.Pd.Si.}, keywords = {bahan ajar; literasi sains; potensi lokal; Lanting}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71922/}, abstract = {Pengembangan e-book IPA terintegrasi potensi lokal lanting diharapkan dapat menjadi alternatif bahan ajar dalam memenuhi kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik e-book IPA terintegrasi potensi lokal Lanting khas Kebumen untuk meningkatkan literasi sains peserta didik SMP/MTs. (2) mengetahui kelayakan e-book IPA terintegrasi potensi lokal Lanting khas Kebumen untuk meningkatkan literasi sains peserta didik SMP/MTs. (3) mengetahui respon peserta didik terhadap e-book IPA terintegrasi potensi lokal Lanting khas Kebumen untuk meningkatkan literasi sains peserta didik SMP/MTs. (4) mengetahui keterlaksanaan e-book IPA terintegrasi potensi lokal Lanting khas Kebumen untuk meningkatkan literasi sains peserta didik SMP/MTs. (5) mengetahui efektivitas e-book IPA terintegrasi potensi lokal Lanting khas Kebumen untuk meningkatkan literasi sains peserta didik SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan prosedur pengembangan 4D namun dibatasi hingga tahap development dengan uji coba luas untuk mengetahui keefektivan e-book IPA untuk meningkatkan literasi sains. Proses pengembangan melibatkan validasi instrument, validasi produk, penilaian kelayakan produk, dan uji coba produk. Uji coba produk yang dilaksanakan di salah satu SMP Negeri Kabupaten Kebumen dengan melibatkan peserta didik kelas IX. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-book IPA terintegrasi potensi lokal lanting memiliki karakteristik menarik, interaktif, dan praktis digunakan. Hasil penilaian kelayakan produk memenuhi kriteria ?Sangat Baik? dan memperoleh rerata skor penilaian sebesar (3,91) dari ahli materi, selain itu penilaian ahli media sebesar (3,63), dan penilaian oleh guru IPA sebesar (3,97). Sedangkan respon peserta didik terhadap penggunaan e-book IPA menunjukkan kriteria ?Setuju? dengan rerata skor sebesar (0,99) dan keterlaksanaan penggunaan e-book IPA dalam pembelajaran mencapai tingkat maksimal 100\% pada uji coba terbatas. Pada uji coba luas e-book IPA efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dengan nilai N-Gain (0,52) kategori sedang.} }