%0 Thesis %9 Skripsi %A Hikmah Fikri Lutfiansyah, NIM.: 21104010047 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:71925 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K literasi Islam; santri putra, asrama sekolah %P 133 %T PENGUATAN LITERASI KEISLAMAN SANTRI PUTRA MELALUI INSTAGRAM @MUSLIMORID DI ASRAMA AL USWAH MAN 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71925/ %X Rendahnya literasi keislaman sering kali menjadi tantangan dalam proses penguatan literasi keislaman siswa dalam kehidupan sehari-hari di asrama Al-Uswah MAN 1 Sleman. Di era media sosial ini, perlunya meningkatkan literasi keislaman siswa salah satunya melalui intagram muslimorid yang didalamnya terdapat materi keislaman berbentuk tulisan dan gambar, serta video untuk menguatkan literasi keislaman khususnya siswa/santri. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi keislaman siswa melalui Instagram muslimorid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya field research (penelitian lapangan). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawacara, dokumentasi. Penelitian ini diambil dari latar tempat Asrama Putra Al Uswah MAN 1 Sleman. Subjek yang diteliti yaitu 7 siswa santri putra dengan 5 siswa kelas 11 dan 2 siswa kelas 12. Pemeriksaan data dengan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan melalui tahap reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian santri putra Asrama Al-Uswah MAN 1 Sleman mengungkapkan beragam strategi yang mereka implementasikan dalam memperkuat literasi keislaman. Secara umum, strategi tersebut dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori utama, yaitu: (1) praktik ibadah dan rutinitas harian, (2) partisipasi dalam program-program asrama, dan (3) pemanfaatan sumber-sumber literasi eksternal. juga mencatat respon santri terhadap akun Instagram @muslimorid, di mana sebagian besar santri merasa bahwa akun tersebut memberikan kontribusi positif dalam menguatkan pemahaman keislaman mereka. %Z Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.