@mastersthesis{digilib71956, month = {June}, title = {KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DALAM MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU DI LPTK UIN AR-RANIRY BANDA ACEH}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 23204011002 Ridha Aulia}, year = {2025}, note = {Dr. H. Suwadi, S.Ag.,M.Ag.,M.Pd.}, keywords = {Pendidikan Profesi Guru (PPG); Guru PAI; perangkat pembelajaran, kompetensi guru.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71956/}, abstract = {Latar belakang masalah penelitian ini adalah guru sebagai pelaksana proses pembelajaran seharusnya memiliki kompetensi pedagogik, salah satu indikator kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam merancang perangkat pembelajaran, tidak terkecuali bagi guru PAI. Melalui Program PPG guru diharapkan meningkat kompetensinya tidak terkecuali kompetensi pedagogik dalam merancang Perangkat Pembelajaran. Namun, pada kenyataanya berdasarkan data UKG Kemendikbud juga data Kemenag menyatakan skor rata-rata dalam asesmen pedagogik berada pada kategori menengah, sehingga kompetensi pedagogik dalam merancang perangkat pembelajaran harus terus ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pelaksanaan PPG dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI dalam merancang Perangkat Pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Mix Method dengan tipe penelitian campuran bertahap (sequential mixed method) dengan strategi eksplanatoris sekuensial. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data Kuantitatif dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 22 for windows adapun analisis data Kualitatif dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan untuk ditarik kesimpulan, selanjutnya dua jenis data dielaborasikan data kualitatif digunakan untuk memperkuat data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Implementasi pelaksanaan PPG sudah sesuai dengan Petunjuk Teknis dari Kementerian Agama RI. 2). Pelaksanaan PPG memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI dalam merancang perangkat pembelajaran. 3). LPTK UIN Ar-Raniry dalam pelaksanaan PPG melakukan berbagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan guru merancang perangkat pembelajaran. 4). Dalam pelaksanaan PPG terdapat berbagai kendala teknis yang mengakibatkan guru merasa tidak ada peningkatan kompetensi yang dirasakan melalui pembelajaran Program PPG.} }