eprintid: 72023 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/20/23 datestamp: 2025-07-21 04:18:38 lastmod: 2025-07-21 04:18:38 status_changed: 2025-07-21 04:18:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ajeng Anggayasti Maharani, NIM.:20103080111 title: PENERAPAN HAK KONSUMEN ATAS KEAMANAN DAN KENYAMANAN DI WARUNG KOPI GENK YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 343.071 divisions: ek_syariah full_text_status: restricted keywords: hak konsumen; yuridis normatif; perlindungan konsumen note: Ratnasari Fajariya Abidin S.H. M.H., abstract: Dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 menjamin hak konsumen untuk memperoleh produk atau jasa yang aman digunakan, selain itu konsumen juga harus dilindungi undang-undang. Pertumbuhan bisnis minuman semakin meningkat, salah satunya kedai kopi yang sangat populer di Yogyakarta khususnya daerah Yogyakarta. Di Yogyakarta sendiri terdapat beberapa kedai kopi antara lain Kopas, Kopi PakPho, Kopi Genk, SangKopas, Blandongan, Basa Basi Sorowajan. Pemilik usaha tidak hanya menjual kopi saja, namun juga menjual suasana kedai kopi yang nyaman untuk berdiskusi dan bersantai. Namun di sisi lain, di kedai kopi Genk ini ada beberapa hal yang mendesak atau menarik yang perlu lebih diperhatikan, seperti terlalu banyak pengamen yang keluar masuk, kebersihan area yang kurang, perbedaan rasa, jam operasional yang tidak konsisten, dan lain-lain. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis normatif, yaitu metode penelitian hukum yang dilakukan dengan cara mengkaji bahan pustaka atau data sekunder sebagai bahan dasar penelitian. Penelitian ini juga menggunakan penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian di lapangan yang disebut responden. Hasil penelitian menunjukkan masih banyak ketimpangan dalam implementasi hak-hak konsumen sebagaimana diatur dalam UUPK No. 8 Tahun 1999. Meski kedai kopi di Umbulharjo telah berupaya memberikan suasana nyaman bagi konsumen, namun masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan untuk memenuhi standar perlindungan konsumen. date: 2025-06-12 date_type: published pages: 97 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ajeng Anggayasti Maharani, NIM.:20103080111 (2025) PENERAPAN HAK KONSUMEN ATAS KEAMANAN DAN KENYAMANAN DI WARUNG KOPI GENK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72023/1/20103080111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72023/2/20103080111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf