relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72055/ title: STRATEGI PEMASARAN JASA BIMBINGAN IBADAH HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AISYIYAH KOTA YOGYAKARTA creator: Ries Dwi Suciyanti, NIM.: 20102040074 subject: 297.39 Praktik Keagamaan (Umroh, Haji dll) description: Strategi pemasaran adalah alat yang dirancang untuk memperkenalkan, menjaga eksistensi, dan mencapai tujuan suatu lembaga atau organisasi. Dengan adanya strategi pemasaran, diharapkan dapat membantu lembaga Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Aisyiyah Kota Yogyakarta dalam mempromosikan keberadaannya sebagai penyedia jasa pendampingan ibadah haji. Hal ini menjadi penting mengingat semakin meningkatnya jumlah umat muslim yang ingin menunaikan ibadah haji maupun umrah ke tanah suci. Seiringan dengan itu, perkembangan layanan KBIHU saat ini mengalami bertumbuhan yang pesat disertai persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu, setiap penyedia jasa perlu mengimplementasikan strategi pemasaran yang dirancang secara baik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Aisyiyah Kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian lembaga Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Aisyiyah Kota Yogyakarta, sedangkan objek penelitiannya adalah fenomena yang menjadi topik utama penelitian dengan fokus pada analisis marketing mix. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran yang diterapkan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Aisyiyah Kota Yogyakarta memiliki peran masing-masing yang saling berkesinambungan. Dari ketujuh strategi pemasaran yang digunakan, terdapat empat strategi yang paling menonjol. Pertama, strategi produk, menekankan pada kualitas jasa yang ditawarkan. Kedua, strategi harga, dimana KBIHU Aisyiyah Kota Yogyakarta memberikan harga yang kompetitif dengan fasilitas all in. Ketiga, strategi promosi, yang meliputi periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, perjualan personal, serta komunikasi dari mulut ke mulut, yang terbukti paling efektif karena mampu membangun reputasi dan menarik jemaah baru melalui rekomendasi yang tulus dan terpercaya. Keempat, strategi orang, yang berfokus pada peran pembimbing dalam memberikan pelayanan terbaik, membangun kepercayaan, dan meyakinkan jemaah untuk menggunakan jasa KBIHU Aisyiyah Kota Yogyakarta. date: 2025-02-12 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72055/1/20102040074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72055/2/20102040074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Ries Dwi Suciyanti, NIM.: 20102040074 (2025) STRATEGI PEMASARAN JASA BIMBINGAN IBADAH HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AISYIYAH KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.