%0 Thesis %9 Skripsi %A Annisatul Musfiroh, NIM.: 19104080079 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72097 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Teknologi Pembelajaran, Matematika, Media Interaktif, SD %P 219 %T IMPLEMENTASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH DANUNEGARAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72097/ %X SD Muhammadiyah Danunegaran merupakan salah satu sekolah dasar yang mengimplementasikan penggunaan teknologi dalam pembelajaran di sekolah. Perangkat teknologi yang digunakan yaitu handphone dan komputer, sedangkan untuk perangkat lainnya sekolah menggunakan platform digital seperti Canva, YouTube, Quizizz (Wayground), Wordwall dan Artificial Intelligence (AI). Dalam penelitian ini peneliti berfokus pada pembelajaran matematika karena pembelajaran ini secara umum dianggap sebagai pelajaran yang susah, namun perannya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui implementasi penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran matematika di kelas V, 2) Mengetahui dampak penggunaan teknologi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika, 3) Mengetahui hambatan dan tantangan dari implementasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap subjek penelitian (guru wali kelas v dan 3 siswa) yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas (triangulasi sumber dan teknik), transferabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi penggunaan teknologi seperti Canva, YouTube, Quizizz (Wayground), Wordwall, dan Artificial Intelligence (AI) pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah Danunegaran berjalan dengan baik melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Penggunaan media teknologi tidak menimbulkan dampak negatif seperti stress, jenuh dan kecenderungan untuk menyendiri. Sebaliknya penggunaan ini justru memberikan dampak positif seperti meningkatnya minat belajar, berfikir kritis, meningkatnya interaksi sosial, kerja sama dan meningkatkan prestasi. 3) Hambatan dalam praktik penggunaan teknologi yaitu teknis dan waktu. Sedangkan untuk tantangannya adalah perbedaan pemahaman, karakteristik siswa, dan keterbatasan guru di SD Muhammadiyah Danunegaran. %Z Dr. Luluk Mauluah, M.Si., M.Pd.