%0 Thesis %9 Skripsi %A Muhammad Fitrianto, NIM.: 21104010039 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72106 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Website, Teknologi, Pembelajaran Fikih %P 238 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS WEBSITE “SUKAFIKIH” PADA MATERI BAB HAJI DAN UMRAH KELAS X MAN 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72106/ %X Perkembangan teknologi informasi yang pesat belum dimanfaatkan secara optimal dalam pembelajaran, termasuk pada mata pelajaran fikih di MAN 2 Bantul. Pembelajaran pada bab Haji dan Umrah masih menggunakan media yang terbatas dalam variasi dan interaktivitas, sehingga belum sepenuhnya mampu memfasilitasi pengalaman belajar yang menarik bagi peserta didik. Padahal, materi seperti rukun dan tata cara pelaksanaan haji membutuhkan penekanan dan visualisasi yang lebih menarik. Media pembelajaran yang ada belum mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif. Oleh karena itu, diperlukan inovasi berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website "Sukafikih" untuk materi Haji dan Umrah pada kelas X di MAN 2 Bantul. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, website ini dirancang untuk menjadi media pembelajaran interaktif yang menarik, dengan fitur-fitur seperti audio, video, latihan pemahaman, dan minigames. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi dan angket. Media pembelajaran di validasi oleh ahli media, ahli materi dan praktisi guru kemudian dinilai oleh siswa dengan lembar respon siswa. Kemudian nilai kelayakan di olah dalam bentuk presentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat kebutuhan signifikan akan media pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif di kalangan siswa dan guru. Uji validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli praktisi lapangan secara berurutan menunjukkan bahwa website "Sukafikih" memenuhi kriteria kelayakan dengan persentase 93% dengan kategori sangat layak, 96% dengan kategori sangat layak dan 92% dengan kategori sangat layak. Uji coba skala kecil dan besar melibatkan 10 dan 30 siswa, dengan hasil menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan persentase respon siswa mencapai 84% dan 90%. Diharapkan, pengembangan media pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap materi Haji dan Umrah, serta mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan %Z Asniyah Nailasariy, M.Pd.I.