<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M"^^ . "Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi dengan munculnya\r\nkebutuhan terhadap media pembelajaran bahasa Arab di kelas 7 MTs N 9 Bantul.\r\nHal tersebut disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan masih\r\nsederhana sehingga siswa merasa jenuh dan sulit dalam mempelajari bahasa Arab.\r\nHal lain yang menjadi sorotan adalah MTs N 9 Bantul merupakan MTs yang\r\nmemiliki program unggulan Tahfidz namun beberapa dari siswa di kelas 7 masih\r\nmerasa sulit dalam membaca teks Arab dan kurang memahami artinya, Selain itu\r\ndalam pelajaran maharah qira’ah terlihat kebosanan dan ketidak sukaan siswa.\r\nDisamping itu banyaknya media pembelajaran digital di era sekarang ini\r\nmembawa banyak dapak negatif yang terkadang tak disadari, Oleh karena itu\r\npenulis mengembangkan media CORASA (Congklak Arabic Raksasa) berbasis\r\npermainan tradisional yang memiliki harapan selain belajar bahasa Arab siswa\r\ndapat mengenal budaya Indonesia.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode research\r\nand development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kevalidan,\r\nkepraktisan dan efektifitas media CORASA (Congklak Arabic Raksasa) untuk\r\nmeningkatkan maharah qira’ah siswa kelas 7 MTs N 9 Bantul tahun ajaran\r\n2023/2024 M. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi,\r\nwawancara, angket, test. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan\r\nmenggunakan skala likert lima, dan analisis keefektifan menggunakan nilai Ngain\r\nmenggunakan SPSS. Sumber data penelitian ini guru bahasa Arab, siswa\r\nkelas 7 A dan E, ahli materi, ahli media dan buku paket.\r\nHasil dari penelitian ini menunjukan Kevalidan aspek materi dan media\r\nmenunjukan nilai kevalidan masing-masing untuk materi sebesar 80% dengan\r\nkategori layak dan media 91% dengan kategori sangat layak, aspek kepraktisan\r\nmemiliki kriteria presentase hasil angket penilaian guru dan siswa yaitu 88% dan\r\n77,66% dengan kriteria sangat praktis dan praktis, serta aspek keefektifan\r\nmemiliki ngain dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing, kelas\r\ncontrol mendapatkan nilai 71,7503% dengan kategori “Cukup Efektif”.\r\nSedangkan hasil presentase nilai Ngain pada kelas kontrol sebesar 33,6948%\r\ndengan kategori “Cukup Efektif”. Hal tersebut juga dibuktikan dengan uji\r\nindependent t test yang menghasilkan nilai Sig.(2-tailed) adalah sebesar >0,001>\r\n0,005 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara\r\nnilai N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol.\r\nDengan demikian media CORASA yang dikembangkan ini layak\r\ndigunakan sebagai media pembelajaran tambahan bagi siswa kelas 7 MTs dan\r\nguru yang mengajar mata pelajaran bahasa Arab MTs/sedetajat, Khususnya di\r\nMTs N 9 Bantul."^^ . "2025-06-30" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104020012"^^ . "Qonita Dewi Duta P.S"^^ . "NIM.: 21104020012 Qonita Dewi Duta P.S"^^ . . . . . . "TATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M (Text)"^^ . . . . . "21104020012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "TATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M (Text)"^^ . . . . . "TATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "TATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M (Other)"^^ . . . . . . "TATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M (Other)"^^ . . . . . . "TATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M (Other)"^^ . . . . . . "TATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #72108 \n\nTATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M\n\n" . "text/html" . . . "371.33 Media Pembelajaran" . .