eprintid: 72108 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/21/08 datestamp: 2025-07-23 04:30:59 lastmod: 2025-07-23 04:30:59 status_changed: 2025-07-23 04:30:59 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Qonita Dewi Duta P.S, NIM.: 21104020012 title: TATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Bahasa Arab, Media Pembelajaran, CORASA note: Mahmudah, Lc.,M.Si abstract: Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi dengan munculnya kebutuhan terhadap media pembelajaran bahasa Arab di kelas 7 MTs N 9 Bantul. Hal tersebut disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan masih sederhana sehingga siswa merasa jenuh dan sulit dalam mempelajari bahasa Arab. Hal lain yang menjadi sorotan adalah MTs N 9 Bantul merupakan MTs yang memiliki program unggulan Tahfidz namun beberapa dari siswa di kelas 7 masih merasa sulit dalam membaca teks Arab dan kurang memahami artinya, Selain itu dalam pelajaran maharah qira’ah terlihat kebosanan dan ketidak sukaan siswa. Disamping itu banyaknya media pembelajaran digital di era sekarang ini membawa banyak dapak negatif yang terkadang tak disadari, Oleh karena itu penulis mengembangkan media CORASA (Congklak Arabic Raksasa) berbasis permainan tradisional yang memiliki harapan selain belajar bahasa Arab siswa dapat mengenal budaya Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode research and development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efektifitas media CORASA (Congklak Arabic Raksasa) untuk meningkatkan maharah qira’ah siswa kelas 7 MTs N 9 Bantul tahun ajaran 2023/2024 M. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, test. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan menggunakan skala likert lima, dan analisis keefektifan menggunakan nilai Ngain menggunakan SPSS. Sumber data penelitian ini guru bahasa Arab, siswa kelas 7 A dan E, ahli materi, ahli media dan buku paket. Hasil dari penelitian ini menunjukan Kevalidan aspek materi dan media menunjukan nilai kevalidan masing-masing untuk materi sebesar 80% dengan kategori layak dan media 91% dengan kategori sangat layak, aspek kepraktisan memiliki kriteria presentase hasil angket penilaian guru dan siswa yaitu 88% dan 77,66% dengan kriteria sangat praktis dan praktis, serta aspek keefektifan memiliki ngain dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing, kelas control mendapatkan nilai 71,7503% dengan kategori “Cukup Efektif”. Sedangkan hasil presentase nilai Ngain pada kelas kontrol sebesar 33,6948% dengan kategori “Cukup Efektif”. Hal tersebut juga dibuktikan dengan uji independent t test yang menghasilkan nilai Sig.(2-tailed) adalah sebesar >0,001> 0,005 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian media CORASA yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran tambahan bagi siswa kelas 7 MTs dan guru yang mengajar mata pelajaran bahasa Arab MTs/sedetajat, Khususnya di MTs N 9 Bantul. date: 2025-06-30 date_type: published pages: 196 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Qonita Dewi Duta P.S, NIM.: 21104020012 (2025) TATWIR WASA'IL CORASA (AL-KUNJIKLAK AL-ARABI AL-AMLAQ) LI-TARQIYAH MAHARAT AL-QIRA'AH LIL-TALABAH AL-SAFF AL-SABI' BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH AL-HUKUMIYAH 9 BANTUL LIL-AM AL-DIRASI 2024-2025 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72108/1/21104020012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72108/2/21104020012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf