eprintid: 72110 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/21/10 datestamp: 2025-07-24 01:35:11 lastmod: 2025-07-24 01:35:11 status_changed: 2025-07-24 01:35:11 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ahmad Hisyam Sururi, NIM.: 19104010136 title: PENANAMAN AKHLAK MAHMUDAH PADA SISWA MELALUI KURSUS BAHASA JAWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PERADABAN DUNIA, PAJANGAN, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN 2024 ispublished: pub subjects: 370.114 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Akhlak Mahmudah, Penanaman Akhlak, Bahasa Jawa note: Asniyah Nailasariy, M.Pd.I abstract: Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan data KPAI tahun 2016, jumlah pelajar tawuran meningkat 20 persen hingga 25 persen setiap tahunnya terhitung dari tahun 2011 sampai 2016. Dari data-data tersebut, terlihat bahwa kenakalan remaja yang terjadi di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan banyaknya kasus di atas, bahwa salah satu meningkatnya kenakalan remaja disebabkan karena kurangnya nilai akhlak yang mulia dalam diri siswa. Pentingnya pendidikan akhlak harus ditanamkan kepada setiap peserta didik melalui kegiatan formal belajar mengajar di sekolah. Adapun di SMK Peradaban Dunia bahwa tujuan dari diadakannya kursus Bahasa Jawa yaitu agar para siswa dapat membaca naskah, manuskrip, prasasti yang berbahasa Jawa. Namun menariknya, naskah, manuskrip dan prasasti yang diajarkan kepada siswa-siswa adalah yang bertemakan akhlak, yaitu Serat Wedhatama. Tujuan penelitian ini yaitu mengungkapkan pelaksanaan pembelajaran, akhlak mahmudah apa sajakah yang ditanamkan, serta bagaimana cara pengajar menanamkan akhlak mahmudah pada siswa melalui kursus Bahasa Jawa di SMK Peradaban Dunia Pajangan Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian dan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan data, sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan pembelajaran kursus bahasa Jawa di SMK Peradaban Dunia yaitu dilaksanakan di luar jam pelajaran sekolah setiap seminggu sekali dan hanya kelas X dan XI yang wajib mengikuti kursus tersebut. 2) Akhlak mahmudah yang terkandung di dalam Serat Wedhatama, yang diajarkan kepada siswa kelas X dan XI dalam pembelajaran kursus bahasa Jawa di SMK Peradaban Dunia Pajangan Bantul ada 7 (tujuh), yaitu; akhlak sabar, akhlak rendah hati, akhlak rela dan ikhlas, akhlak menjalin silaturrahmi, akhlak pantang menyerah, akhlak taat terhadap aturan, dan akhlak kesederhanaan. 3) Penanaman akhlah mahmudah yang dilakukan oleh pengajar melalui kursus bahasa Jawa di SMK Peradaban Dunia Pajangan Bantul dengan 4 (empat) metode, yaitu; metode bercerita, metode teladan atau contoh, metode pembiasaan dalam perilaku dan metode nasihat. date: 2024-12-09 date_type: published pages: 141 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ahmad Hisyam Sururi, NIM.: 19104010136 (2024) PENANAMAN AKHLAK MAHMUDAH PADA SISWA MELALUI KURSUS BAHASA JAWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PERADABAN DUNIA, PAJANGAN, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72110/1/19104010136_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72110/2/19104010136_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf