%0 Thesis %9 Skripsi %A Akmal Bahrudin, NIM.: 21104020046 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72113 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Eksperimen, Metode Imla Al-Mandzur Dan Al-Ikhtibari, Maharah Al-Kitabah, Bahasa Arab %P 103 %T DIRASAH TAJRIBIYAH TARIQAH AL-IMLA' AL-MANZUR WA AL-IKHTIBAR FI TAHSIN AL-TAHSIL FI AL-DARS AL-IMLA' LADA AL-TALABAH AL-SAFF AL-THAMIN FI MADRASAH AL-IKHLAS AL-MUTAWASSITAH AL-ISLAMIYAH KARAINJANIYAR SHARBUN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72113/ %X Tujuan eksperimen ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Imla Al-Mandzur dan Al-Ikhtibari dalam meningkatkan prestasi Mata Pelajaran Imla di kelas VIII MTs Al-Ikhlas Karanganyar Cirebon. Adapun penelitian yang peneliti gunakan adalah kuantitatif dengan rancangan Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlas Karanganyar Cirebon, jumlah siswa kelas adalah 59 siswa sebagai sampel dengan rincian sebagai kelas Kontrol sekaligus sebagai kelas Eksperimen. Hasil penelitian yang dilakukan di MTs Al-Ikhlas Karanganyar Cirebon menunjukan bahwa studi eksperimen metode Imla Al-Mandzur dan Al-Ikhtibari berpengaruh dalam meningkatkan prestasi pelajaran Imla sekaligus menigkatkan Maharah Kitabah pada proses pembelajaran Imla dengan Sig 0,005 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan pembelajaran di kelas eksperimen dengan menerapkan metode Imla Al-Mandzur dan Al-Ikhtibari mengalami peningkatkan lebih signifikan dalam prestasi Mata Pelajaran Imla dibandingkan pembelajaran di kelas Kontrol (tanpa menerapkan metode Imla Al-Mandzur dan Al-Ikhtibari). %Z Nurul Huda.,SS., M.Pd.I