TY - THES N1 - Nurul Huda.,SS., M.Pd.I ID - digilib72113 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72113/ A1 - Akmal Bahrudin, NIM.: 21104020046 Y1 - 2025/06/30/ N2 - Tujuan eksperimen ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Imla Al-Mandzur dan Al-Ikhtibari dalam meningkatkan prestasi Mata Pelajaran Imla di kelas VIII MTs Al-Ikhlas Karanganyar Cirebon. Adapun penelitian yang peneliti gunakan adalah kuantitatif dengan rancangan Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlas Karanganyar Cirebon, jumlah siswa kelas adalah 59 siswa sebagai sampel dengan rincian sebagai kelas Kontrol sekaligus sebagai kelas Eksperimen. Hasil penelitian yang dilakukan di MTs Al-Ikhlas Karanganyar Cirebon menunjukan bahwa studi eksperimen metode Imla Al-Mandzur dan Al-Ikhtibari berpengaruh dalam meningkatkan prestasi pelajaran Imla sekaligus menigkatkan Maharah Kitabah pada proses pembelajaran Imla dengan Sig 0,005 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan pembelajaran di kelas eksperimen dengan menerapkan metode Imla Al-Mandzur dan Al-Ikhtibari mengalami peningkatkan lebih signifikan dalam prestasi Mata Pelajaran Imla dibandingkan pembelajaran di kelas Kontrol (tanpa menerapkan metode Imla Al-Mandzur dan Al-Ikhtibari). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Eksperimen KW - Metode Imla Al-Mandzur Dan Al-Ikhtibari KW - Maharah Al-Kitabah KW - Bahasa Arab M1 - skripsi TI - DIRASAH TAJRIBIYAH TARIQAH AL-IMLA' AL-MANZUR WA AL-IKHTIBAR FI TAHSIN AL-TAHSIL FI AL-DARS AL-IMLA' LADA AL-TALABAH AL-SAFF AL-THAMIN FI MADRASAH AL-IKHLAS AL-MUTAWASSITAH AL-ISLAMIYAH KARAINJANIYAR SHARBUN AV - restricted EP - 103 ER -