relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72114/ title: EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA GERABAH PUNDONG DAN IMPLEMENTASINYA DALAM LKPD UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK creator: Shinta Puspa Kiranasari, NIM.: 21104040016 subject: 510.7 Pendidikan Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kajian etnomatematika pada objek budaya gerabah Pundong dan mengembangkan LKPD. LKPD yang dikembangkan berbasis etnomatematika gerabah Pundong untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini terdiri dari penelitian kualitatif dan research and development (penelitian dan pengembangan). Penelitian kualitatif dilakukan dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE meliputi Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari tiga ahli dan subjek implementasi dalam pembelajaran peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 1 Pundong tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan observasi, lembar validasi produk, lembar angket respon pendidik dan peserta didik, dan lembar tes kemampuan representasi matematis. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk mendeskripsikan hasil kajian etnomatematika pada gerabah Pundong serta menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kajian etnomatematika pada gerabah Pundong meliputi proses pembuatan gerabah, macam-macam produk gerabah, serta aktivitas penjualan gerabah terdapat konsep matematis berupa rasio, bangun ruang sisi datar, lingkaran, bangun ruang sisi lengkung, transfomasi geometri, sistem persamaan linear dua variabel, aritmetika sosial, dan sistem persamaan linear tiga variabel. Dilakukan pengembangan LKPD untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis berdasarkan salah satu konsep matematis yang ditemukan pada kajian etnomatematika yaitu materi bangun ruang sisi datar. LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan validasi ahli dengan perolehan ratarata 95,33 dari 100. Hasil penilaian LKPD oleh pendidik dan peserta didik memenuhi kriteria praktis dengan rerata skor berturut-turut adalah 36 dari 40 dengan kategori sangat praktis dan 62,66 dari 80 dengan kategori praktis. Ketuntasan hasil posttest kemampuan representasi matematis peserta didik mencapai 75% sehingga LKPD dinyatakan efektif untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis. Dengan demikian, LKPD berbasis etnomatematika gerabah Pundong untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis pada materi bangun ruang sisi datar telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika. date: 2025-06-11 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72114/1/21104040016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72114/2/21104040016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Shinta Puspa Kiranasari, NIM.: 21104040016 (2025) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA GERABAH PUNDONG DAN IMPLEMENTASINYA DALAM LKPD UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.