eprintid: 72116 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/21/16 datestamp: 2025-07-24 02:02:12 lastmod: 2025-07-24 02:02:12 status_changed: 2025-07-24 02:02:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Aini Amalia Sari, NIM.: 21104040034 title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA GUNUNGKIDUL MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: LKPD, Etnomatematika, RME, Kemampuan Pemecahan Masalah note: Suparni, S.Pd, M.Pd. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik serta belum optimalnya pemanfaatan konteks budaya lokal Gunungkidul dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis etnomatematika Gunungkidul melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi lingkaran kelas VIII fase D yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini meliputi dua dosen pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan pendidik mata pelajaran matematika SMP N 1 Rongkop sebagai validator, serta peserta didik kelas VIII B SMP N 1 Rongkop tahun ajaran 2024/ 2025 sebagai penilai kepraktisan dan keefektifan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar validasi LKPD, modul ajar, dan lembar validasi instrumen posttest kemampuan pemecahan masalah, angket respon pendidik dan peserta didik, serta instrumen posttest kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) LKPD yang dikembangkan dinyatakan “valid” oleh validator dengan skor rata-rata 105,01 dan berada pada kriteria sangat baik. 2) LKPD yang dikembangkan dinyatakan “praktis” berdasarkan penilaian angket respon LKPD pendidik dan peserta didik. Hasil penilaian angket respon pendidik memperoleh persentase kepraktisan sebesar 90, 9% dengan kriteria sangat baik, sedangkan hasil angket respon peserta didik memperoleh persentase kepraktisan sebesar 78% dengan kriteria baik. 3) LKPD yang dikembangkan dinyatakan “efektif” melaui hasil posttest kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan persentase ketuntasan 66% dan berada pada kriteria baik. Dengan demikian, LKPD berbasis etnomatematika Gunungkidul melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) ini telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi lingkaran fase D. date: 2025-06-11 date_type: published pages: 346 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Aini Amalia Sari, NIM.: 21104040034 (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA GUNUNGKIDUL MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72116/1/21104040034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72116/2/21104040034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf