eprintid: 72125 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/21/25 datestamp: 2025-07-24 02:46:04 lastmod: 2025-07-24 02:46:04 status_changed: 2025-07-24 02:46:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Fitriyani Sanuhung, NIM.: 23204011019 title: HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN SELF-EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA DI SMK NEGERI 1 KALASAN ispublished: pub subjects: 297.77 divisions: pa_i full_text_status: restricted keywords: Adversity Quotient, Self-efficacy, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam note: Prof. Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd abstract: Latar Belakang penelitian ini yakni banyaknya pengembangan pendidikan yang didasarkan pada faktor eksternal tanpa melibatkan faktor internal siswa khususnya melalui pendekatan psikologi yakni adversity quotient dan self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara diteliti adversity quotient dan self-efficacy terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kalasan pada 1 november hingga 13 desember 2024. Populasi yang digunakan yakni sebanyak 1101 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga sampel didapatkan sebanyak 293 siswa. Teknik penarikan anggota sampel menggunakan simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu adversity quotient (X1) dan self-efficacy (X2). Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar pendidikan agama islam (Y). Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner secara tertutup. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Analisis data penelitian ini menggunakan metode statistik parametrik yaitu uji korelasi, regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adversity quotient memiliki hubungan yang kuat terhadap motivasi belajar PAI siswa SMK Negeri 1 Kalasan dengan nilai R sebesar 0,682, dan memberikan kontibusi sebesar 46,5%. Self-efficacy memiliki hubungan yang kuat terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa SMK negeri 1 Kalasan dengan nilai R sebesar 0,626 dan memberikan pengaruh sebesar 39,2%. Kemudian secara simultan adversity quotient dan self-efficacy memiliki hubungan yang kuat terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa SMK Negeri 1 Kalasan dengan nilai R yaitu 0,705 dan memberikan pengaruh sebesar 49,7%. date: 2025-06-12 date_type: published pages: 232 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Fitriyani Sanuhung, NIM.: 23204011019 (2025) HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN SELF-EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA DI SMK NEGERI 1 KALASAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72125/1/23204011019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72125/2/23204011019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf