@mastersthesis{digilib72130, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA?AH BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) CANVAS DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING BAGI MAHASISWA STUDI ISLAM INTERDISIPLINER UNU YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 23204021002 Ahmad Suhendra Hasibuan}, year = {2025}, note = {Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag}, keywords = {Maharah Qira?ah, LMS Canvas, Cooperative Learning, Group Investigation.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72130/}, abstract = {Permasalahan dalam pembelajaran Mah{\=a}rah qir{\=a}?ah di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, seperti keterbatasan media pembelajaran, rendahnya partisipasi aktif mahasiswa, serta masih digunakannya pembelajaran konvensional, menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Mah{\=a}rah qir{\=a}?ah berbasis Learning Management System (LMS) Canvas yang dipadukan dengan metode cooperative learning tipe Group Investigation (GI), serta menguji kelayakan dan efektivitas penggunaannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R\&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dan melibatkan mahasiswa semester tiga Program Studi Studi Islam Interdisipliner sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes, yang dianalisis dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dengan skor kelayakan sebesar 91,67\% dan validasi ahli media sebesar 85,33\%. Respon mahasiswa terhadap media ini sangat baik dengan persentase 96,30\%. Dari sisi efektivitas, penggunaan media terbukti mampu meningkatkan kemampuan Mah{\=a}rah qir{\=a}?ah mahasiswa secara signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji statistik menggunakan paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0,001 (p {\ensuremath{<}} 0,05), serta nilai N-Gain Score sebesar 0,6618 yang termasuk dalam kategori ?efektif?. Dengan demikian, media pembelajaran Mah{\=a}rah qir{\=a}?ah berbasis LMS Canvas yang dikembangkan dengan metode cooperative learning tipe group investigation ini terbukti layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Media ini mampu menciptakan suasana belajar yang mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam memahami teks bacaan berbahasa Arab dengan kelompok. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan inovasi pembelajaran bahasa Arab.} }