<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGGUNAAN ADAWAT AL-RABT PADA PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA (STUDI ERROR ANALYSIS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA)"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya alumni yang telah lulus dari Program\r\nStudi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, namun\r\nmasih ditemukan kesalahan berbahasa dalam penulisan skripsi. Hal ini diketahui dari\r\npengamatan peneliti pada tanggal 5 Desember 2024 terhadap 10 skripsi secara acak, yang\r\nmenunjukkan adanya kesalahan morfologi, sintaksis, dan penggunaan adawat al-rabṭ. Oleh\r\nkarena itu, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan adawat al-rabṭ\r\ndalam skripsi mahasiswa PBA (S1) angkatan 2020. Fokus kajian ini mencakup bentuk\r\nkesalahan yang ditemukan, mengidentifikasi faktor penyebabnya, serta merumuskan upaya\r\nperbaikannya.\r\nMetode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan\r\npendekatan analisis kesalahan (error analysis). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak\r\n59 skripsi mahasiswa tahun 2020 yang dipilih melalui purposive sampling, dengan\r\npertimbangan masa pandemi yang memengaruhi proses pembelajaran daring. Data diperoleh\r\nmelalui dokumentasi skripsi, wawancara dengan mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah\r\nnaḥwu, saraf dan Insya’ , serta literatur pendukung lainnya. Teknik analisis data meliputi\r\nreduksi data, penyajian data (display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan terdapat 10 kategori kesalahan penggunaan adawat\r\nal-rabṭ dengan total 174 kasus, kategori yang paling banyak mengalami kesalahan adalah\r\nAdawat Tafsīl dengan 50 kasus, diikuti oleh Adawat al-rabṭ al-dallah ʿala al-sabab wa alnatījah\r\nsebanyak 42 kasus. Selanjutnya, Isim Mausūl mencatat 28 kasus kesalahan dan Adawat\r\nAṭaf 27 kasus. Adawat Musaḥabah menyumbang 11 kasus, sementara Adawat Istidrak\r\nberjumlah 5 kasus. Tiga kategori lainnya, yaitu Adawat Al-Nafi, Adawat Al-Zaman, dan\r\nAdawat Mumaṡalah, masing-masing memiliki 3 kasus kesalahan. Terakhir, Adawat Al-Syarṭ\r\nmenunjukkan jumlah kesalahan paling sedikit, yaitu hanya 2 kasus. Faktor penyebab kesalahan\r\npenggunaan Adawat al-rabṭ pada skripsi mahasiswa meliputi keterbatasan penguasaan struktur\r\nbahasa Arab dan kurangnya lingkungan belajar yang mendukung. Untuk mengatasi kesalahan\r\ntersebut, mahasiswa perlu memperkuat pemahaman kaidah naḥwu dan saraf, memperbanyak\r\nlatihan menganalisis kalimat, serta meningkatkan keterpaparan terhadap teks-teks Arab yang\r\nautentik."^^ . "2025-05-23" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 23204021008"^^ . "Wildatul Muyasaroh"^^ . "NIM.: 23204021008 Wildatul Muyasaroh"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN ADAWAT AL-RABT PADA PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA (STUDI ERROR ANALYSIS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA) (Text)"^^ . . . . . "23204021008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGGUNAAN ADAWAT AL-RABT PADA PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA (STUDI ERROR ANALYSIS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA) (Text)"^^ . . . . . "PENGGUNAAN ADAWAT AL-RABT PADA PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA (STUDI ERROR ANALYSIS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN ADAWAT AL-RABT PADA PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA (STUDI ERROR ANALYSIS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN ADAWAT AL-RABT PADA PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA (STUDI ERROR ANALYSIS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN ADAWAT AL-RABT PADA PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA (STUDI ERROR ANALYSIS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN ADAWAT AL-RABT PADA PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA (STUDI ERROR ANALYSIS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN ADAWAT AL-RABT PADA PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA (STUDI ERROR ANALYSIS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN ADAWAT AL-RABT PADA PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA (STUDI ERROR ANALYSIS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN ADAWAT AL-RABT PADA PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA (STUDI ERROR ANALYSIS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #72132 \n\nPENGGUNAAN ADAWAT AL-RABT PADA PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA (STUDI ERROR ANALYSIS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA)\n\n" . "text/html" . . . "492.77 Pendidikan Bahasa Arab" . .