TY - THES N1 - Dr. Shofwatul Uyun, S.T., M.Kom. ID - digilib72148 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72148/ A1 - Chalisun Firifqah, NIM.: 21106050055 Y1 - 2025/06/11/ N2 - Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi masyarakat, termasuk dalam pemenuhan kebutuhan harian yang bersifat insidental. Namun, layanan seperti penitipan barang, pencarian indekos, dan bantuan harian masih belum banyak difasilitasi secara optimal oleh platform digital. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang bisnis digital Bantus.id sebagai platform layanan harian berbasis on-demand bagi mahasiswa perantau di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendekatan perancangan bisnis yang digunakan mengacu pada prinsip Design Thinking yang mencakup tahapan empati, definisi masalah, ideasi, pembuatan prototipe, dan validasi awal. Strategi bisnis dikembangkan melalui analisis SWOT, TOWS Matrix, STP, dan bauran pemasaran 4P. Analisis kelayakan finansial dilakukan melalui estimasi biaya, struktur pendanaan, proyeksi pendapatan, serta perhitungan laba rugi, arus kas, break even point, payback period, dan net present value dengan dua skenario, yaitu optimis dan pesimis. Perancangan aplikasi dilakukan berdasarkan fitur minimum (MVP) yang esensial agar bisnis dapat beroperasi, kemudian diwujudkan dalam bentuk rancangan UI/UX dan prototipe interaktif.. Hasil perancangan menunjukkan bahwa Bantus.id memiliki potensi bisnis yang layak serta dampak sosial melalui kemitraan lokal. Platform ini dinilai adaptif dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa dan masyarakat urban. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - digital business design; SWOT; financial feasibility analysis; on-demand platform; out-of-town students M1 - masters TI - PERANCANGAN BISNIS DIGITAL ?BANTUS.ID? SEBAGAI PLATFORM LAYANAN HARIAN DAN MANAJEMEN INDEKOS UNTUK MAHASISWA PERANTAU DI YOGYAKARTA AV - restricted EP - 150 ER -