eprintid: 72149 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/21/49 datestamp: 2025-07-25 03:03:17 lastmod: 2025-07-25 03:03:17 status_changed: 2025-07-25 03:03:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Mirza Asrian Priasmoro, NIM.: 22206052002 title: KAJIAN ATAS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FREKUENSI DAN REKOMENDASI PENGGUNAAN APLIKASI PESAN INSTAN ispublished: pub subjects: 302.23 divisions: Informatika(S1) full_text_status: restricted keywords: SEM-PLS; factor analysis; frekuensi penggunaan; media sosial. note: Dr. Agung Fatwanto, S.Si., M.Kom. abstract: Perkembangan teknologi digital secara signifikan mengubah pola komunikasi manusia, di mana aplikasi pesan instan (Pesan instan) seperti WhatsApp, Telegram, dan LINE menjadi dominan karena kemudahan akses, biaya rendah, dan berbagai fitur komunikasi canggih. Namun, terdapat variasi signifikan dalam frekuensi penggunaan, aplikasi tersebut, dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti Refferent Network Size (RNS), fitur pada aplikasi yang dirasakan saling melengkapi (Persepsi Keselarasan), dan intensitas penggunaan media sosial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor apa saja yang memengaruhi frekuensi penggunaan aplikasi pesan instan serta rekomendasi penggunaan aplikasi pesan instan berdasarkan preferensi, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner online yang disebar melalui Google Form. Responden sebanyak 1.295 orang dipilih secara acak (random sampling) dari berbagai latar belakang. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) melalui software SmartPLS 4, dengan variabel utama Referent Network Size (RNS), Perceived Complementarity (PC), Intensitas Sosial Media (ISM), Frekuensi Penggunaan Pesan Instan (FREQ), dan Net Promoter Score (NPS®), Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ukuran Jaringan Referensi (RNS), Persepsi Keselarasan (PC), dan Intensitas Sosial Media (ISM) berpengaruh positif terhadap Frekuensi Penggunaan Aplikasi Pesan instan (FREQ). Selanjutnya, variable FREQ (Frekuensi Penggunaan Aplikasi Pesan Instan) juga memiliki dampak positif terhadap Net Promoter Score (NPS®), yang mencerminkan tingkat rekomendasi pengguna terhadap aplikasi tersebut. Faktor dominan dalam meningkatkan intensitas media sosial adalah frekuensi penggunaan media sosial dibandingkan dengan durasi dan jumlah media sosial yang digunakan, Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor seperti jaringan referensi (Refferent Network Size), fitur yang dianggap saling melengkapi (Perceived Compelementarity), dan intensitas media sosial (ISM) merupakan elemen penting yang meningkatkan frekuensi penggunaan aplikasi pesan instan. Hasil ini menjadi acuan strategis bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan keterlibatan pengguna melalui pengembangan fitur yang lebih personal dan relevan, sekaligus mendukung strategi peningkatan loyalitas pengguna melalui rekomendasi aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan perilaku pengguna. date: 2025-04-21 date_type: published pages: 139 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: masters thesis_name: other citation: Mirza Asrian Priasmoro, NIM.: 22206052002 (2025) KAJIAN ATAS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FREKUENSI DAN REKOMENDASI PENGGUNAAN APLIKASI PESAN INSTAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72149/1/22206052002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72149/2/22206052002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf