TY - THES ID - digilib7215 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7215/ A1 - ALIF NURHIDAYAH, NIM. 08600111 Y1 - 2012/11/09/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terstruktur terhadap kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain eksperimen yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran berbasis masalah terstruktur, variabel terikat berupa kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 2 Yogyakarta dengan sampelnya yaitu siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan skala. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Independent Samples t-Test dan uji Mann-Whitney-U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah terstruktur memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Namun model pembelajaran berbasis masalah terstruktur tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur, Kemampuan Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar Matematika PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERSTRUKTUR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 2 YOGYAKARTA AV - restricted ER -