%0 Thesis %9 Masters %A Ajat Sudarjat, NIM.: 23200011114 %B PASCASARJANA %D 2025 %F digilib:72157 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kolaborasi, Pendayagunaan Zakat, Pemberdayaan, Keterlibatan Masyarakat, Modal Sosial %P 181 %T KETERLIBATAN MASYARAKAT DAN MODAL SOSIAL DALAM KEMITRAAN USAHA AYAM RAS PEDAGING DI BALAI TERNAK BAZNAS PURWOREJO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72157/ %X Balai Ternak BAZNAS di Kabupaten Purworejo adalah program pendayagunaan zakat yang dikolaborasikan dengan kemitraan usaha ayam ras pedaging. Program ini berhasil menurunkan jumlah keluarga miskin mitra program. Sebagai sebuah program yang berhasil mengentaskan kemiskinan, sudah selayaknya dikaji lebih mendalam menjadi sebuah praktik baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik Balai Ternak Purworejo, faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan dan tantangan yang dihadapi dikaitkan dengan teori pemberdayaan dan keterlibatan masyarakat serta modal sosial. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan analisis kualitatif-deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi lapangan, dan kajian dokumen. Sebagai sumber data primer informan utama sebanyak 15 orang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari dokumen yang relevan dengan tujuan penelitian. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan data yang digunakan valid maka dilakukan proses validasi dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Balai Ternak BAZNAS di Purworejo menjalankan praktik kemitraan usaha ayam ras pedaging yang melibatkan peternak, tokoh masyarakat, organisasi pengelola zakat, pemerintah daerah, dan dunia usaha. PT BTS sebagai perusahaan inti menyiapkan bibit, pakan, obat-obatan, pendampingan teknis, dan pasar. Peternak sebagai plasma menyiapkan kandang dan menjalankan pemeliharaan. Selanjutnya BAZNAS memberikan dana jaminan dan operasional serta pendampingan kelembagaan. Program Balai Ternak berhasil memberikan dampak dalam bentuk peningkatan pendapatan, penguatan kelembagaan, perbaikan mental spiritual, dan pembangunan sosial masyarakat. Keberhasilan program ini dipengaruhi oleh keterlibatan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Keberhasilan program juga didukung oleh adanya modal sosial masyarakat dalam bentuk nilai-nilai guyub, gotong royong, kerja bakti, pengajian mingguan, dan pertemuan bulanan yang menjadi kekuatan dan potensi internal warga desa. Kepercayaan PT BTS kepada BAZNAS sebagai lembaga yang menumbuhkan mental spiritual serta kesamaan misi antara keduanya menjadi alasan terjadinya kolaborasi. Program ini menghadapi tantangan berupa melemahnya etos kerja peternak dalam mengelola ayam dan menurunnya komitmen perusahaan dalam menyiapkan input produksi yang berkualitas serta pembayaran bagi hasil secara tepat waktu. %Z Prof. Zulkipli Lessy, S.Ag, S.Pd., BSW., M.Ag., MSW., Ph.D.