eprintid: 72169 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/21/69 datestamp: 2025-07-25 06:59:01 lastmod: 2025-10-16 06:41:12 status_changed: 2025-10-16 06:41:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Siska Apriyanti, NIM.: 21104010041 title: KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KH HASYIM ASY'ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA'ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA ispublished: pub subjects: 370.114 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Pemikiran KH Hasyim Asy'ari note: Asniyah Nailasariy, M.Pd.I. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi faktual pendidikan karakter di Indonesia pada tahun 2025 yang menunjukkan perhatian signifikan dari pemerintah terhadap integrasi pendidikan karakter berbasis etika, moral, dan nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum. Namun, implementasinya masih menghadapi berbagai tantangan, seperti dominasi orientasi akademik, kurangnya pelatihan guru, pengaruh negatif media sosial, serta alokasi anggaran dan penghargaan terhadap tenaga pendidik yang belum optimal. Pendidikan karakter juga kerap dianggap sebagai aspek tambahan, bukan bagian esensial dalam proses pembelajaran. Faktanya, penanaman nilai-nilai karakter tidak hanya diperoleh dari pendidikan formal, tetapi juga melalui pendidikan informal seperti di pesantren. Salah satu sumber ajaran moral dan karakter di pesantren adalah kitab klasik seperti Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya KH Hasyim Asy’ari. Kitab ini memuat berbagai ajaran tentang akhlak, adab, dan etika dalam proses menuntut ilmu yang relevan untuk membentuk karakter pelajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya KH Hasyim Asy’ari serta relevansinya dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang memanfaatkan berbagai sumber pustaka sebagai dasar pengumpulan data. Sumber primer dalam penelitian ini adalah Kitab Adab al-‘Ālim wa al-Muta‘allim fī Mā Yajibu ‘ala al-Muta‘allim fī Aḥwāli Ta‘līmihi wa Mā Yatawaqqafu ‘alaihi al-Mu‘allim fī Maqāmāti Ta‘līmihi karya KH Hasyim Asy’ari, buku terjemahannya, serta sejumlah literatur yang membahas dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila. Sumber sekunder meliputi literatur yang membahas biografi dan pemikiran KH Hasyim Asy’ari, seperti Fajar Kebangkitan Ulama: Biografi KH Hasyim Asy’ari, Etika Pendidikan Islam: Petuah KH Hasyim Asy’ari untuk Para Guru dan Murid, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, yaitu dengan mengkaji dan mengumpulkan data dari dokumen-dokumen yang relevan. Analisis data dilakukan menggunakan metode analisis isi (content analysis), yang melibatkan beberapa tahapan utama, yaitu: unitizing (penentuan unit analisis), sampling (pengambilan sampel data), recording (pencatatan data), data reduction (penyederhanaan data), inference (penarikan kesimpulan), dan analysis (analisis mendalam terhadap data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter menurut KH Hasyim Asy’ari mencakup tiga aspek utama, yaitu akhlak pelajar (Santri) pada dirinya sendiri, adab seorang murid terhadap gurunya, dan akhlak pelajar terhadap pelajarannya dan hal-hal yang harus ia pegang ketika bersama-sama dengan syaikh (ulama’) dan teman-temannya. Nilai-nilai ini relevan dengan dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila, meliputi beriman dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai klasik dalam pembentukan karakter pelajar yang holistik, sekaligus mendukung tujuan pendidikan nasional yang berlandaskan Pancasila. date: 2025-10-01 date_type: published pages: 186 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siska Apriyanti, NIM.: 21104010041 (2025) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KH HASYIM ASY'ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA'ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72169/1/21104010041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72169/2/21104010041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf