%A NIM.: 00420229 Sholihin %O DR. H.A. Janan Asifuddin, MA %T TELAAH BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB (Kitab Maharah al Lughah al Arabiyyah al Mutakhadhah li Ghair al Natiqin Biha) UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH MU'ALIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA %X Bahasa Arab memiliki kedudukan penting untuk dipelajari terutama bagi umat Islam diseluruh dunia yang memang ingin belajar dari sumber-sumber ajaran yang masih orisinal yakni berbahasa Arab. Lembaga Pendidikan dikatakan berhasil jika mengantarkan anak didik mampu memahami pelajaran yang disampaikan. Salah satu faktor penting yang dapat mengantarkan keberhasilan proses belajar mengajar pada umumnya dan proses belajar mengajar Bahasa Arab pada khususnya adalah faktor adanya buku bahasa Arab (teks book) untuk pegangan siswa dalam belajar. Madrasah Tsanawiyah Mu’alimin Muhammadiyah Yogyakarta telah menggunakan buku pelajaran bahasa Arab susunan sendiri yang bermula mengacu pada kurikulum 1994 menjadi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penyesuaian buku bahasa Arab terhadap Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) serta mengetahui kelebihan dari buku yang disusun sendiri oleh team dari Madrasah Tsanawiyah Mu’alimin Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kategori studi kepustakaan atau penelitian literer dengan pengumpulan data melalui metode dokumentasi. Sumber data yang dilakukan adalah melalui data primer yaitu Buku Pelajaran bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Mu’alimin Muhammadiyah Yogyakarta, dan data sekunder dari buku-buku yang serupa. Metode Analisa yang digunakan adalah menggunakan dua pola berfikir, yaitu deduktif dam induktif. Hasil Penelitian ini adalah : 1). Tujuan team penyusun buku bahasa Arab Madrsah Tsanawiyah Mu’alimin Muhammadiyah Yogyakarta sesuai atau sejalan dengan standar Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Departemen Agama; 2). Isi atau materi buku Bahasa Arab tersebut temyata sudah memenuhi kriteria standar Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK) Departemen Agama, baik dari segi jumlah kosakata, struktur kalimat, jumlah pelajaran, serta alokasi waktunya. Hal ini dapat dilihat pada pemaparan penulis pada pembahasan. 3). Penerapan seleksi, gradasi, dan repetisi dalam buku bahasa itu, terutama seleksi kosakata sudah baik dan hanya sekitar 20 %yang memiliki frekuensi rendah dan 8% yang memiliki repetisi rendah, sedangkan 80% termasuk baik frekuensinya dan 92% termasuk baik repetisinya. %K KBK; text book; Bahasa Arab %D 2006 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib72185