eprintid: 7221 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/72/21 datestamp: 2013-04-18 13:31:50 lastmod: 2016-03-02 03:31:50 status_changed: 2013-04-18 13:31:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: APRIYANTI RATNA SULISTYONINGSIH , NIM. 08680032 title: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemukan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta antara lain (1) media pembelajaran sistem peredaran darah masih belum dapat menampilkan proses terjadinya peredaran darah, (2) keterbatasan waktu belajar di kelas sedangkan materi peredaran darah yang terlalu banyak, (3) perkembangan teknologi yang sangat pesat namun kurang dimanfaatkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan multimedia berbasis web materi Sistem Peredaran Darah Manusia yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri siswa SMA/MA kelas XI, (2) mengetahui kualitas multimedia berbasis web materi Sistem Peredaran Darah Manusia yang dikembangkan sebagai media dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan multimedia terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kualitas multimedia ini yaitu lembar angket yang mencakup beberapa aspek yaitu kualitas tampilan, rekayasa perangkat lunak, kurikulum, penyajian materi, keterlaksanaan, evaluasi, dan kebahasaan. Kualitas multimedia dinilai oleh reviewer I (ahli media, ahli materi, peer reviewer) dan reviewer II (guru biologi dan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta melalui ujicoba terbatas). Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penilaian dua orang dosen ahli materi memperoleh nilai 87,27% dengan kategori sangat baik (SB), penilaian dua orang dosen ahli media memperoleh nilai 91,5% dengan kategori sangat baik (SB), penilaian peer reviewer memperoleh nilai 83,55% dengan kategori baik (B), penilaian dua orang guru biologi memperoleh nilai 82,26% dengan kategori baik (B), dan penilaian siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta memperoleh nilai 78,57% dengan kategori setuju (S). Berdasarkan penilaian tersebut maka multimedia berbasis web telah memenuhi kriteria kualitas multimedia yang baik. Kata Kunci: media pembelajaran, multimedia, peredaran darah manusia, web date: 2012-11-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: APRIYANTI RATNA SULISTYONINGSIH , NIM. 08680032 (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7221/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7221/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf