TY - THES N1 - Dr. Agung Fatwanto, S. Si., M.Kom ID - digilib72219 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72219/ A1 - Setiawan Junaidi, NIM.: 20106050070 Y1 - 2025/05/26/ N2 - Perkembangan teknologi informasi menjadi pendorong adanya peningkatan penggunaan lokapasar sebagai aplikasi yang sering digunakan untuk transaksi yang melibatkan pembelian dan penjualan online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana frekuensi dan rekomendasi penggunaan aplikasi lokapasar dipengaruhi oleh persepsi kebermanfaatan, pengalaman pengguna, usability, dan kemudahan penggunaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner dari UMUX, TAM, UEQ, dan NPS®. Sampel penelitian ini berjumlah sebanyak 2.365 responden yang merupakan warga negara Indonesia. Selanjutnya dianalisis mengguna metode partial least squares-structural equation modeling (PLS-SEM). Penelitian ini menggunakan dua model yakni pada model satu terdapat UEQ dan UMUX berpengaruh signifikan terhadap PEoU dan selanjutnya berpengaruh signifikan terhadap PU. Akan tetapi, PEoU dan PU terhadap Frek tidak memiliki pengaruh signifikan, selanjutnya Frek terhadap NPS® juga tidak menghasilkan pengaruh signifikan. Sedangkan pada model dua, tidak menambahkan Frek lalu mendapatkan hasil analisis yang lebih baik. Pada model dua ini, UEQ dan UMUX memiliki pengaruh signifikan terhadap PEoU dan selanjutnya berpengaruh signifikan terhadap PU, kemudian terdapat pengaruh signifikan terhadap NPS®. Hasil uji hipotesis pada model satu ini menghasilkan tiga dari enam hipotesis diterima, hal ini menunjukkan terdapat variabel dalam model satu ini yang tidak memiliki pengaruh signifikan dalam mendukung hipotesis pada penelitian ini. Hasil uji hipotesis pada model dua ini menghasilkan lima dari lima hipotesis diterima, yang berarti bahwa variabel-variabel pada model dua memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan loyalitas pengguna. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - lokapasar; usability; perceived ease of use; user experience M1 - skripsi TI - ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEBERMANFAATAN, USABILITY DAN PENGALAMAN PENGGUNA TERHADAP FREKUENSI DAN REKOMENDASI PENGGUNAAN APLIKASI LOKAPASAR AV - restricted EP - 86 ER -