eprintid: 72260 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/22/60 datestamp: 2025-07-31 02:13:54 lastmod: 2025-07-31 02:13:54 status_changed: 2025-07-31 02:13:54 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Irfan Fahmi Al Barqi, NIM.: 18102040059 title: IMPLEMENTASI STRATEGI MANAJEMEN DAKWAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JEMAAH HAJI DAN UMRAH PADA PT. SURYA CITRA MADANI KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 297.352 divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Strategi Manajemen Dakwah, Kuaitas Pelayanan, Haji dan Umrah note: Muhammad Irfai Muslim, M.Si abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi manajemen dakwah dalam meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji dan umrah pada PT. Surya Citra Madani Kota Yogyakarta. Dewasa ini, semakin meningkatnya minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah umrah dan haji, khususnya umrah karena haji hanya bisa dilaksanakan pada waktu tertentu sebagaimana yang telah ditetapkan syariat Islam. Penyelenggaraan haji dan umrah di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan. Beberapa kendala dalam penyelenggaraan haji dan umrah meliputi: kurangnya edukasi sebelum keberangkatan, kualitas pelayanan yang bervariasi, , dan manajemen logistik yang kompleks. Strategi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam berbagai aktivitas di sebuah lembaga, tidak terkecuali dalam menyusun strategi perencanaan untuk pelayanan publik agar yang konsumen merasa puas dari pelayanan yang telah diberikan. J.L Thompson dalam Maharani et al (2022) menakrifkan strategi adalah jalan memperoleh sebuah hasil akhir. Sedangkan Manajemen berasal dari kata manus yang memiliki arti tangan dan agree yang bermakna melaksanakan. Adapun Manajemen dakwah sendiri adalah aktivitas organisasi dakwah yang bertujuan untuk mengelola semua sumber daya yang tersedia melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengontrolan, dengan tujuan utama mencapai amar ma'ruf nahi munkar. Penelitian ini menggunakan model kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi manajemen dakwah dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji dan umrah pada PT. Surya Citra Madani dapat tercapai apabila proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengontrolan yang bertujuan untuk mencapai amar ma’ruf nahi mungkar bisa berjalan dengan baik. date: 2025-07-15 date_type: published pages: 77 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Irfan Fahmi Al Barqi, NIM.: 18102040059 (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI MANAJEMEN DAKWAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JEMAAH HAJI DAN UMRAH PADA PT. SURYA CITRA MADANI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72260/1/18102040059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72260/2/18102040059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf