%A NIM. 08690054 ARUM WIDYARINI %T PENGEMBANGAN LKS IPA TERPADU MODEL WEBBED BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN TEMA LINGKUNGAN PANTAI UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas LKS IPA Terpadu model webbed berbasis pendidikan karakter dengan tema lingkungan pantai untuk siswa SMP/MTs kelas VII, (2) mengetahui respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) model prosedural, yakni model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur pengembangan menggunakan 5 langkah utama yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Pengumpulan data menggunakan angket yang sudah divalidasi oleh ahli instrumen. LKS dinilai kualitasnya oleh 3 ahli materi, 2 ahli media, dan 5 guru IPA SMP/MTs. Kelayakan LKS berdasarkan respon siswa pada uji coba skala kecil (15 siswa) dan uji coba skala besar (30 siswa). Hasil penelitian ini: (1) kualitas LKS IPA Terpadu yang dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan presentase 84,52% (ahli materi), 86,46% (ahli media), dan 86,21% (guru); (2) respon siswa pada uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar mendapatkan respon Sangat Setuju (SS) dengan presentase masing-masing 84,80% dan 88,08%. Kata kunci: LKS, IPA Terpadu, Model Webbed, Pendidikan Karakter %D 2012 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib7227