eprintid: 72276 rev_number: 20 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/22/76 datestamp: 2025-08-04 08:32:14 lastmod: 2025-08-04 08:32:14 status_changed: 2025-08-04 08:32:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Falah Sadjida, NIM.: 21108030046 title: ANALISIS PENGARUH COGNITIVE DISSONANCE BIAS, REGRET AVERSION DAN FRAMING EFFECT TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA PASAR MODAL SYARIAH DENGAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS: DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: 297.273 subjects: 332.678 divisions: jur_mks full_text_status: restricted keywords: regret aversion Bais; framing effect; literasi keuangan syaruah; keputusan investasi note: Muhfiatun, S.E.I., M.E.I. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cognitive dissonance bias, regret aversion dan framing effect terhadap keputusan investasi pasar modal syariah dengan literasi keuangan syariah sebagai variabel moderasi (studi kasus: di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan, yang dilakukan pada 200 responden investor pasar modal syariah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis PLS-SEM dengan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cognitive dissonance bias dan regret aversion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasipasar modal syariah, sedangkan framing effect tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan investasi pasar modal syariah. Adapun literasi keuangan syariah sebagai variabel moderasi berhasil meperlemah pengaruh cognitive dissonance bias terhadap keputusan investasi pasar modal syariah dan tidak berhasil memperlemah pengaruh regret aversion bias dan framing effect terhadap keputusan investasi pasar modal syariah pada investor yang berdomisili di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. date: 2025-06-12 date_type: published pages: 152 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Falah Sadjida, NIM.: 21108030046 (2025) ANALISIS PENGARUH COGNITIVE DISSONANCE BIAS, REGRET AVERSION DAN FRAMING EFFECT TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA PASAR MODAL SYARIAH DENGAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS: DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72276/1/21108030046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72276/2/21108030046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf