eprintid: 72278 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/22/78 datestamp: 2025-07-31 03:22:20 lastmod: 2025-07-31 03:29:47 status_changed: 2025-07-31 03:22:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Wimbi Nur Khalimatus Sakdiah, NIM.: 21102010033 title: PERSEPSI FOLLOWERS MUSLIMAH TERHADAP KONTEN PERNIKAHAN AKUN INSTAGRAM @HIRACHDR ispublished: pub subjects: PA divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Persepsi, Instagram, Pernikahan Islami, Marriage is Scary. note: Nitra Galih Imansari, M.Sos. abstract: Tren marriage is scary yang berkembang sejak Agustus 2024 mencerminkan ketakutan perempuan terhadap pernikahan. Di tengah tren ini, akun Instagram @hirachdr justru menawarkan narasi positif dengan pendekatan Islami melalui tagar marriage isn’t scary. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi followers Muslimah terhadap konten pernikahan dalam akun tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara dan dokumentasi, serta teori persepsi Jalaluddin Rakhmat yang mencakup tiga faktor: perhatian, fungsional, dan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian followers dipengaruhi oleh estetika visual, relevansi topik, dan motivasi pribadi seperti kebutuhan informasi dan inspirasi dari Hira dan Lutfi. Reaksi followers bervariasi, dari rasa ragu hingga meningkatnya kepercayaan diri, meskipun terdapat kritik terhadap Virtual Display Affection (VDA) yang dianggap membangun ekspektasi tidak realistis. Faktor fungsional mencakup latar belakang keluarga dan pengalaman pribadi, sedangkan faktor struktural mencakup gaya komunikasi dan visual konten yang memperkuat kesan emosional followers. Kata Kunci: Persepsi, Instagram, Pernikahan Islami, Marriage is Scary. date: 2025-03-10 date_type: published pages: 212 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Wimbi Nur Khalimatus Sakdiah, NIM.: 21102010033 (2025) PERSEPSI FOLLOWERS MUSLIMAH TERHADAP KONTEN PERNIKAHAN AKUN INSTAGRAM @HIRACHDR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72278/1/21102010033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72278/2/21102010033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%20%282%29.pdf