<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan\r\nLembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL)\r\nuntuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi integral\r\nfungsi aljabar. Produk yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Peserta Didik\r\n(LKPD) yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk\r\ndigunakan dalam pembelajaran.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and\r\nDevelopment) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze,\r\nDesign, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba produk\r\nterdiri dari tiga ahli sebagai validator. Sedangkan subjek implementasi terdiri dari\r\npeserta didik kelas XI IPA 2 MA Al-Islam Jamsaren Surakarta tahun ajaran\r\n2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar\r\nangket respon peserta didik, dan lembar soal post-test. Teknik analisis data yang\r\ndilakukan terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis\r\nkevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD.\r\nBerdasarkan hasil dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) LKPD\r\nberbasis PBL untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis dikembangkan\r\nmenggunakan model pengembangan ADDIE melalui lima tahapan, yaitu tahap\r\nanalisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi\r\n(Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Tahap awal yang dilakukan adalah\r\nanalisis kebutuhan, analisis karakteristik peserta didik, dan analisis kurikulum.\r\nTahap selanjutnya yaitu menyusun desain produk dan mengembangkan produk\r\nsesuai dengan desain yang telah dibuat. Selanjutnya produk yang sudah\r\ndikembangkan divalidasi oleh para ahli dan dilakukan uji coba kepada peserta didik\r\nuntuk mengetahui kelayakan produk. Tahap terakhir adalah evaluasi produk; 2)\r\nhasil analisis data kevalidan LKPD diperoleh skor rata-rata sebesar 83% dan masuk\r\ndalam kategori “valid”. Hasil analisis data angket respon peserta didik diperoleh\r\nnilai rata-rata sebesar 4,32 dengan presentase keidealan sebesar 86% dan berada\r\npada kriteria “sangat baik”, sehingga dapat dinyatakan “praktis”. Sedangkan hasil\r\nanalisis nilai tes kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh presentase\r\nketuntasan peserta didik sebesar 76,92% dan berada pada kriteria “baik”, sehingga\r\ntermasuk dalam kategori “efektif”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa\r\nLKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran, karena\r\nmemenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif."^^ . "2025-06-05" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 20104040017"^^ . "Nurul Hidayati Rokhimah"^^ . "NIM.: 20104040017 Nurul Hidayati Rokhimah"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI (Text)"^^ . . . . . "20104040017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #72293 \n\nPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI\n\n" . "text/html" . . . "371.33 Media Pembelajaran" . .