eprintid: 72295 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/22/95 datestamp: 2025-07-31 04:46:52 lastmod: 2025-07-31 04:46:52 status_changed: 2025-07-31 04:46:52 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nurhaliza, NIM.: 21104010006 title: EVALUASI PROGRAM KURIKULUM MERDEKA DENGAN MODEL CIPP PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS 4 DI SD MUHAMMADIYAH KLECO II KOTAGEDE YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 375.006 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Evaluasi CIPP, Kurikulum Merdeka, PAI, Budi Pekerti note: Drs. Nur Munajat, M.Si. abstract: Pendidikan merupakan kunci utama dalam mempersiapkan generasi menghadapi tantangan masa depan dan kurikulum berperan penting dalam memastikan pembelajaran yang relevan. Kurikulum Merdeka hadir sebagai inovasi pendidikan yang memberikan fleksibilitas dan menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan abad ke-21, terutama setelah terjadinya learning loss akibat pandemi COVID-19. Meskipun memiliki potensi besar, implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar masih menghadapi tantangan. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi menyeluruh menggunakan model CIPP untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penerapan kurikulum, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di SD Muhammadiyah Kleco II Kotagede yang telah menerapkan kurikulum ini selama lebih dari dua tahun dan menjadi sekolah penggerak dan percontohan studi tiru oleh sekolah dasar lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 di SD Muhammadiyah Kleco II Kotagede melalui pendekatan CIPP, serta mengidentifikasi tantangan dan solusi pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Evaluasi dilakukan dengan model CIPP yang mencakup aspek konteks, input, proses, dan produk. Data diperoleh melalui observasi, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif menurut Huberman dan Saldana. Subjek penelitian terdiri dari satu guru koordinator bidang standar isi, satu guru PAIBP, dan enam siswa kelas IV. Penelitian dilaksanakan selama enam bulan, dan keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik, serta validasi melalui berbagai metode untuk memastikan data yang diperoleh akurat dan terpercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PAIBP kelas IV di SD Muhammadiyah Kleco II Kotagede berjalan dengan baik. Keempat aspek CIPP menunjukkan hasil positif, seperti adanya dukungan dari warga sekolah, kesiapan guru, proses pembelajaran yang fleksibel dan kolaboratif, serta peningkatan karakter dan pemahaman siswa. Namun, pelaksanaan masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu, kesepahaman orang tua, pelatihan guru mengenai kebijakan terbaru. Sekolah mengatasi tantangan ini dengan pengaturan waktu yang lebih baik, pelatihan guru, komunikasi yang intensif dengan orang tua, dan kerja sama antarguru. Keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka sangat bergantung pada kemampuan adaptasi dan kolaborasi semua pihak dalam menyesuaikan pembelajaran dengan kondisi di lapangan. date: 2025-06-30 date_type: published pages: 199 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nurhaliza, NIM.: 21104010006 (2025) EVALUASI PROGRAM KURIKULUM MERDEKA DENGAN MODEL CIPP PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS 4 DI SD MUHAMMADIYAH KLECO II KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72295/1/21104010006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72295/2/21104010006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf