eprintid: 72299 rev_number: 20 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/22/99 datestamp: 2025-08-05 02:52:18 lastmod: 2025-08-05 02:52:18 status_changed: 2025-08-05 02:52:18 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ardhi, NIM.: 22208012034 title: PENGARUH RELIGIUSITAS, KESADARAN HALAL, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN HIJRAH INTENTION TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK BERLABEL HALAL (STUDI KASUS MAHASISWA MUSLIM DI LIMA UNIVERSITAS ISLAM TERBAIK DI YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: 297.273 subjects: 297.491 divisions: ek_syarS-2 full_text_status: restricted keywords: kesadaran halal; Electronic Word of Mouth (E-WoM); hijrah intention; keputusan pembelian note: Dr. Joko Setyono, S.E., M.Si. abstract: Studi ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh religiusitas, Kesadaran halal, electronic word of mouth (e-wom), dan hijrah intention terhadap keputusan membeli produk berlabel halal dengan studi kasus mahasiswa Muslim di lima universitas Islam terbaik di Yogyakarta. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer. Data diolah menggunakan sampel sebanyak 250 sampel yang dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner melalui google form. Data kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan bantuan SmartPLS versi 3.0. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa variabel religiusitas, electronic word of mouth (e-wom), dan hijrah intention berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli produk berlabel halal mahasiswa Muslim di lima universitas Islam terbaik di Yogyakarta. Keputusan pembelian terhadap produk berlabel halal dipengaruhi oleh religiusitas dan hijrah intention konsumen. Semakin tinggi tingkat religiusitas dan semakin kuat niat hijrah konsumen, semakin berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal. Selain itu, data yang tersedia pada E-WoM juga ikut menentukan keputusan pembelian. E-WoM memberikan preferensi dan dorongan untuk membeli produk berlabel halal. Sementara, Kesadaran halal tidak berpengaruh terhadap keputusan membeli produk berlabel halal. Tingkat Kesadaran tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dengan kata lain, responden tidak mengamati secara mendalam bahan dan proses produksi produk yang akan dibeli. date: 2025-05-16 date_type: published pages: 140 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM thesis_type: masters thesis_name: other citation: Ardhi, NIM.: 22208012034 (2025) PENGARUH RELIGIUSITAS, KESADARAN HALAL, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN HIJRAH INTENTION TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK BERLABEL HALAL (STUDI KASUS MAHASISWA MUSLIM DI LIMA UNIVERSITAS ISLAM TERBAIK DI YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72299/1/22208012034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72299/2/22208012034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf