%0 Thesis %9 Masters %A Zainussani, NIM.: 23208011004 %B FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM %D 2025 %F digilib:72302 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pendapatan; makanan halal; minoritas Muslim; Bali %P 184 %T DETERMINAN PENDAPATAN PELAKU USAHA MAKANAN HALAL DI WILAYAH MINORITAS MUSLIM (STUDI KASUS PROVINSI BALI) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72302/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan pendapatan pelaku usaha makanan halal di wilayah dengan mayoritas non-Muslim, dengan studi kasus di Provinsi Bali. Model penelitian mencakup enam variabel utama, yaitu sertifikasi halal, tingkat kesadaran konsumen terhadap produk halal, tingkat persaingan pasar, kualitas produk, harga, dan strategi promosi. Pemahaman terhadap faktor-faktor ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai kontribusi sektor makanan halal dalam meningkatkan pendapatan pelaku usaha di wilayah dengan karakteristik pasar dan konsumen yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode ini dipilih untuk memungkinkan analisis statistik terhadap hubungan antara variabel-variabel yang memengaruhi pendapatan pelaku usaha makanan halal di Bali. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur yang disebarkan kepada responden, kemudian dianalisis secara statistik untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan secara objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indikator yang digunakan untuk mengukur variabel memiliki hubungan yang signifikan pada tingkat signifikansi 5% (α = 0,05). Sertifikasi halal, kualitas produk, harga, dan strategi promosi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pelaku usaha. Sebaliknya, kesadaran konsumen terhadap produk halal serta tingkat persaingan pasar tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan pelaku usaha makanan halal di wilayah minoritas Muslim. %Z Prof. Dr. Jeihan Ali Azhar, M.E.I.