%0 Thesis %9 Skripsi %A DESTRI RIYANI , NIM. 08680002 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2013 %F digilib:7231 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T Pengembangan Majalah Biomagz Sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri pada Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa SMA/MA Kelas X %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7231/ %X Biomagz untuk siswa SMA/MA kelas X. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas majalah Biomagz sebagai alternatif sumber belajar mandiri pada mata pelajaran biologi untuk siswa SMA/MA kelas X. Penelitian yang telah dilakukan termasuk dalam penelitian pengembangan Research and Development. Prosedur pengembangan majalah Biomagz menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penilaian yang digunakan untuk mengetahui kualitas majalah Biomagz adalah lembar angket yang mencakup beberapa komponen penilaian meliputi komponen kelayakan materi/isi, komponen kebahasaan dan komponen penyajian. Kualitas majalah dinilai oleh 2 ahli materi, 2 ahli media, 5 peer reviewer, 2 guru biologi dan 15 siswa kelas X. Guru dan siswa yang terlibat dalam penelitian berasal dari SMA UII Banguntapan melalui uji coba terbatas. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Kualitas majalah Biomagz yang telah dikembangkan berdasarkan hasil penilaian tiap aspek oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru yaitu aspek kelayakan materi/isi memperoleh nilai 80,72% dengan kategori Baik (B), aspek kebahasaan memperoleh nilai 78,25% dengan kategori baik, aspek penyajian memperoleh nilai 82,4% dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian siswa SMA UII Banguntapan berdasarkan penilaian tiap aspek yaitu aspek penyajian memperoleh nilai 71,11% dengan kategori Setuju (S), aspek kebahasaan memperoleh nilai 69,88% dengan kategori Setuju (S), aspek kebermanfaatan memperoleh nilai 77,3% dengan kategori Setuju (S). Berdasarkan penilaian tersebut maka majalah Biomagz yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas majalah yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Kata kunci : sumber belajar, majalah Biomagz, penelitian pengembangan