eprintid: 72314 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/23/14 datestamp: 2025-07-31 07:18:21 lastmod: 2025-07-31 07:18:21 status_changed: 2025-07-31 07:18:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Adib Ashabulabib, NIM.: 21104040046 title: PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI ILMU BIOLOGI BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK KELAS X ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Inquiry Learning, Integrasi, Koneksi Matematis, LKPD, Self- Confidence note: Dr. Mulin Nu’man, S.Pd., M.Pd. abstract: LKPD memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran. Pada saat ini, banyak LKPD yang bersifat konvensional dan belum mengoptimalkan pengembangan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD terintegrasi ilmu biologi berbasis inquiry learning pada materi statistika untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis dan selfconfidence peserta didik kelas X yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X2 dan X4 di SMA Negeri 1 Jetis tahun ajaran 2024/2025. Adapun validator dalam penelitian ini adalah 2 dosen program studi pendidikan matematika dan 2 pendidik. Analisis data meliputi hasil wawancara, validitas instrumen, reliabilitas instrumen, validitas LKPD, praktikalitas LKPD, dan efektivitas LKPD. LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran karena memenuhi kriteria validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Validitas LKPD tergolong sangat valid dengan persentase sebesar 95%. Praktikalitas ditunjukkan melalui respons peserta didik sebesar 80,30%, keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93,33%, dan aktivitas peserta didik sebesar 91,00%. Efektivitas LKPD dibuktikan melalui uji MANOVA yang menunjukkan perbedaan signifikan kemampuan koneksi matematis dan self-confidence antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh skor lebih tinggi, sehingga penggunaan LKPD dinyatakan efektif. date: 2025-07-18 date_type: published pages: 490 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Adib Ashabulabib, NIM.: 21104040046 (2025) PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI ILMU BIOLOGI BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72314/1/21104040046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72314/2/21104040046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf