TY - THES ID - digilib7236 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7236/ A1 - ERVINA LISTYOWATI , NIM. 07690040 Y1 - 2013/01/29/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui karakteristik proses pengembangan modul fisika dengan huruf braille pada pokok bahasan besaran dan satuan, 2) mengetahui kualitas produk dari modul fisika dengan huruf braille, 3) mengetahui tanggapan siswa terhadap modul fisika dengan huruf braille pada pokok bahasan besaran dan satuan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadaptasi dari pengembangan perangkat model 4-D, yakni Define, Design, Develop, and Disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta kelas VII dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket untuk menguji kualitas modul fisika dengan huruf braille pada materi besaran dan satuan. Penilaian dilakukan oleh dua ahli media dan ahli materi serta guru fisika MTs LB/A. Hasil penelitian ini berupa data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini adalah 1) telah dikembangkan modul fisika dengan huruf braille pada materi besaran dan satuan untuk siswa MTs LB/ A kelas VII pada pokok bahasan besaran dan satuan, 2) kualitas modul fisika dengan huruf braille yang telah dikembangkan adalah Baik (B) berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan guru fisika MTs LB/A Yaketunis dengan persentase berturut-turut adalah 82,90%, 79,16%, dan 81,25%, 3) tanggapan siswa tunanetra pada modul fisika dengan huruf braille dalam uji terbatas dan uji luas adalah baik (B) dengan masing- masing persentase 79,63% untuk uji terbatas dan 96,71% untuk uji luas. Kata kunci : Modul, huruf Braille, tunanetra, besaran dan satuan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MODUL FISIKA DENGAN HURUF BRAILLE UNTUK SISWA TUNANETRA DI MTs LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA AV - restricted ER -