%0 Thesis %9 Masters %A Anjelina, NIM.: 23204091029 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72361 %I UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA %K Manajemen, Pendidikan Karakter, Akhlak Karimah. %P 159 %T MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN GENERASI BERAKHLAK KARIMAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HUDA KARANGNONGKO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72361/ %X Manajemen pendidikan karakter merupakan strategi penting dalam membentuk akhlak karimah peserta didik di lingkungan lembaga pendidikan. Hal ini juga telah dilaksanakan di MI Al-Huda Karangnongko yaitu mewujudkan karakter peserta didik melalui keteladanan para guru, pembiasaan positif, kegiatan keagamaan, serta pembudayaan nilai-nilai Islam yang tertanam kuat dalam setiap aktivitas madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui konsep pendidikan karakter yang diterapkan dalam mewujudkan generasi berakhlakul karimah di MI Al-Huda Karangnongko. (2) Mengetahui penerapan prinsip manajemen pendidikan karakter dalam mewujudkan generasi berakhlakul karimah di MI Al-Huda Karangnongko. (3) Menjelaskan hasil yang dicapai dari manajemen Pendidikan karakter dalam mewujudkan generasi berakhlakul karimah di MI Al-Huda Karangnongko. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi, yang berfokus pada kajian budaya sekolah dalam mendukung pembentukan karakter peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi temuan. Untuk meningkatkan validitas hasil penelitian, digunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) Konsep pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Karangnongko terintegrasi dalam kurikulum dan budaya sekolah berbasis nilai-nilai Islam; (2) Penerapan prinsip manajemen pendidikan karakter dilakukan melalui perencanaan yang matang, pengorganisasian peran guru, tenaga kependidikan, serta dukungan orang tua dan komite sekolah sebagai pemangku kepentingan, pelaksanaan kegiatan pembiasaan religius, serta pengawasan melalui evaluasi sikap dan laporan berkala; (3) Hasil yang dicapai adalah terbentuknya generasi yang memiliki akhlak terpuji, religius, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab. Penelitian ini membuktikan bahwa manajemen pendidikan karakter yang efektif mampu menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung terwujudnya generasi peserta didik yang berakhlak karimah. Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Akhlak Karimah. %Z Dr. Muqowim, M.Ag,