%0 Thesis %9 Masters %A Rayhanur Royyan, NIM.: 23204021030 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72363 %I UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA %K Pengembangan Modul, I’lal, Pendekatan Deduktif, ADDIE, Pembelajaran Bahasa Arab. %P 172 %T PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN I’LAL BERBASIS PENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN I’LAL SANTRI KELAS IMRITHY PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72363/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan terhadap bahan ajar yang sistematis dan efektif dalam pembelajaran i’lal di kelas Imrithy Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah. Banyak santri yang mengalami kesulitan dalam memahami proses i’lal karena kurangnya modul pembelajaran yang terstruktur dan sesuai dengan karakteristik santri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran i’lal berbasis pendekatan deduktif guna meningkatkan kemampuan i’lal santri kelas Imrithy. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu: (1) Analysis, dengan melakukan analisis kebutuhan, karakteristik santri, dan analisis materi i’lal; (2) Design, dengan merancang format, layout, dan struktur isi modul; (3) Development, dengan menyusun modul menggunakan bantuan Microsoft Word dan Canva serta melakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media; (4) Implementation, dengan menerapkan modul di kelas Imrithy Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah; dan (5) Evaluation, dengan mengevaluasi kelayakan dan efektivitas modul melalui berbagai instrumen penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data kebutuhan serta respon peserta didik, sedangkan tes berupa pretest dan posttest digunakan untuk mengukur peningkatan pemahaman i’lal. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan. Validasi ahli materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 90%, dan validasi ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 92%, yang keduanya termasuk dalam kategori “sangat layak”. Selanjutnya, uji efektivitas menunjukkan bahwa modul pembelajaran i’lal berbasis pendekatan deduktif berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman santri. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji paired sample ttest yang menghasilkan nilai signifikansi 0,00 (p < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah penggunaan modul. Selain itu, hasil uji n-gain menunjukkan nilai 0,558, yang termasuk dalam kategori efektivitas sedang. Dengan demikian, pengembangan modul pembelajaran i’lal berbasis pendekatan deduktif ini terbukti layak dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan i’lal santri di kelas Imrithy Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah. Kata kunci: Pengembangan Modul, I’lal, Pendekatan Deduktif, ADDIE, Pembelajaran Bahasa Arab %Z Dr. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag