<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN I’LAL BERBASIS\r\nPENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN I’LAL SANTRI KELAS IMRITHY\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan terhadap bahan ajar yang\r\nsistematis dan efektif dalam pembelajaran i’lal di kelas Imrithy Pondok Pesantren Al-\r\nLuqmaniyyah. Banyak santri yang mengalami kesulitan dalam memahami proses i’lal\r\nkarena kurangnya modul pembelajaran yang terstruktur dan sesuai dengan karakteristik\r\nsantri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul\r\npembelajaran i’lal berbasis pendekatan deduktif guna meningkatkan kemampuan i’lal\r\nsantri kelas Imrithy.\r\nJenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan\r\nmenggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu: (1)\r\nAnalysis, dengan melakukan analisis kebutuhan, karakteristik santri, dan analisis\r\nmateri i’lal; (2) Design, dengan merancang format, layout, dan struktur isi modul; (3)\r\nDevelopment, dengan menyusun modul menggunakan bantuan Microsoft Word dan\r\nCanva serta melakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media; (4) Implementation,\r\ndengan menerapkan modul di kelas Imrithy Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah; dan\r\n(5) Evaluation, dengan mengevaluasi kelayakan dan efektivitas modul melalui\r\nberbagai instrumen penelitian.\r\nMetode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara,\r\ndokumentasi, angket, dan tes. Observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh\r\ndata kebutuhan serta respon peserta didik, sedangkan tes berupa pretest dan posttest\r\ndigunakan untuk mengukur peningkatan pemahaman i’lal.\r\nHasil validasi menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak\r\ndigunakan. Validasi ahli materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 90%, dan\r\nvalidasi ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 92%, yang keduanya\r\ntermasuk dalam kategori “sangat layak”. Selanjutnya, uji efektivitas menunjukkan\r\nbahwa modul pembelajaran i’lal berbasis pendekatan deduktif berpengaruh terhadap\r\npeningkatan pemahaman santri. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji paired sample ttest\r\nyang menghasilkan nilai signifikansi 0,00 (p < 0,05), sehingga dapat disimpulkan\r\nbahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah penggunaan modul. Selain itu, hasil\r\nuji n-gain menunjukkan nilai 0,558, yang termasuk dalam kategori efektivitas sedang.\r\nDengan demikian, pengembangan modul pembelajaran i’lal berbasis\r\npendekatan deduktif ini terbukti layak dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu\r\nmodul pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan i’lal santri di kelas Imrithy\r\nPondok Pesantren Al-Luqmaniyyah.\r\nKata kunci: Pengembangan Modul, I’lal, Pendekatan Deduktif, ADDIE, Pembelajaran\r\nBahasa Arab"^^ . "2025" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 23204021030"^^ . "Rayhanur Royyan"^^ . "NIM.: 23204021030 Rayhanur Royyan"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN I’LAL BERBASIS\r\nPENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN I’LAL SANTRI KELAS IMRITHY\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "23204021030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN I’LAL BERBASIS\r\nPENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN I’LAL SANTRI KELAS IMRITHY\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN I’LAL BERBASIS\r\nPENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN I’LAL SANTRI KELAS IMRITHY\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN I’LAL BERBASIS\r\nPENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN I’LAL SANTRI KELAS IMRITHY\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN I’LAL BERBASIS\r\nPENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN I’LAL SANTRI KELAS IMRITHY\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN I’LAL BERBASIS\r\nPENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN I’LAL SANTRI KELAS IMRITHY\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN I’LAL BERBASIS\r\nPENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN I’LAL SANTRI KELAS IMRITHY\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN I’LAL BERBASIS\r\nPENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN I’LAL SANTRI KELAS IMRITHY\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN I’LAL BERBASIS\r\nPENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN I’LAL SANTRI KELAS IMRITHY\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN I’LAL BERBASIS\r\nPENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN I’LAL SANTRI KELAS IMRITHY\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #72363 \n\nPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN I’LAL BERBASIS \nPENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN \nPEMAHAMAN I’LAL SANTRI KELAS IMRITHY \nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI" . .