%A - Ria Nurhayati [at. all] %A - Marhumah [Pengantar] %A - Iffah Khoiriyatul Muyassaroh [Editor] %T Hadis sebagai Dasar Pengembangan Pendidikan Agama Islam %X Hadis memiliki kedudukan sentral sebagai pegangan kedua bagi umat Islam setelah al-Qur’an. Ia tidak hanya menjadi pedoman hidup dalam menjalani aktivitas duniawi, tetapi juga merupakan disiplin ilmu yang harus senantiasa dipelajari dan dikembangkan. Sebagai ilmu, hadis tidak hanya memberikan petunjuk normatif, melainkan juga dapat dijadikan sebagai alat analisis dalam membaca dan memahami realitas kehidupan. Dengan demikian, hadis layak diposisikan sebagai bagian integral dari diskursus keilmuan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Dalam konteks ini, buku yang ada di tangan pembaca merupakan upaya yang sangat berarti untuk memperlihatkan bagaimana nilai-nilai pendidikan dalam hadis dapat diaktualisasikan dalam kerangka pendidikan agama Islam. Buku ini memberikan kontribusi pemikiran yang mempertegas pentingnya integrasi antara teks hadis dan praktik pendidikan kontemporer, sehingga mampu menjawab tantangan zaman secara konstruktif dan reflektif. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian utama. Bagian Pertama membahas dasar-dasar filosofis pendidikan dalam hadis, termasuk aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologinya. Bagian Kedua mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan yang termuat dalam hadis, seperti pendidikan karakter, toleransi, kecerdasan majemuk, antikorupsi, hak asasi manusia, hingga moderasi beragama dan pendidikan kebangsaan. Bagian Ketiga menghadirkan isu aktual mengenai kepemimpinan perempuan dalam perspektif hadis, dilengkapi dengan kajian kontekstual di Kota Solo dan refleksi dari tokoh Muhammadiyah. %K Hadis, Pendidikan Agama Islam %D 2025 %C Yogyakarta %I CV. Bildung Nusantara %L digilib72364