@phdthesis{digilib72368, month = {June}, title = {IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN SAINS DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK Y NGAGLIK SLEMAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104030018 Afifah Sabrina}, year = {2025}, note = {Bahtiar Arbi, S.Pd., M.Pd.}, keywords = {eksperimen sains , perkembangan kognitif, anak usia dini}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72368/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya stimulasi kognitif bagi anak usia dini melalui kegiatan yang bersifat eksploratif dan menyenangkan. Kurangnya kegiatan yang mendorong kemampuan berpikir kritis di TK Y menjadi problematika yang mendasari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode eksperimen sains di TK Y serta mengetahui perkembangan kognitif anak usia 5?6 tahun setelah mengikuti kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik coding yang meliputi tahap open coding, axial coding, dan selective coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode eksperimen sains di TK Y dilakukan melalui tahapan perencanaan (menyiapkan alat, bahan, dan langkah kegiatan), pelaksanaan (memberikan arahan, mendampingi proses eksperimen, dan membimbing eksplorasi), serta evaluasi (melalui refleksi, tanya jawab, dan diskusi sederhana). (2) Faktor pendukung implementasi meliputi antusiasme anak, dukungan guru, serta ketersediaan alat dan bahan sederhana. Sementara itu, faktor penghambatnya antara lain keterbatasan waktu, jumlah anak yang banyak dalam satu kelas, dan kurangnya variasi media eksperimen. Kata kunci: eksperimen sains , perkembangan kognitif, anak usia dini} }