TY - THES N1 - Bahtiar Arbi, S.Pd., M.Pd. ID - digilib72368 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72368/ A1 - Afifah Sabrina, NIM.: 21104030018 Y1 - 2025/06/26/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya stimulasi kognitif bagi anak usia dini melalui kegiatan yang bersifat eksploratif dan menyenangkan. Kurangnya kegiatan yang mendorong kemampuan berpikir kritis di TK Y menjadi problematika yang mendasari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode eksperimen sains di TK Y serta mengetahui perkembangan kognitif anak usia 5?6 tahun setelah mengikuti kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik coding yang meliputi tahap open coding, axial coding, dan selective coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode eksperimen sains di TK Y dilakukan melalui tahapan perencanaan (menyiapkan alat, bahan, dan langkah kegiatan), pelaksanaan (memberikan arahan, mendampingi proses eksperimen, dan membimbing eksplorasi), serta evaluasi (melalui refleksi, tanya jawab, dan diskusi sederhana). (2) Faktor pendukung implementasi meliputi antusiasme anak, dukungan guru, serta ketersediaan alat dan bahan sederhana. Sementara itu, faktor penghambatnya antara lain keterbatasan waktu, jumlah anak yang banyak dalam satu kelas, dan kurangnya variasi media eksperimen. Kata kunci: eksperimen sains , perkembangan kognitif, anak usia dini PB - UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA KW - eksperimen sains KW - perkembangan kognitif KW - anak usia dini M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN SAINS DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK Y NGAGLIK SLEMAN AV - restricted EP - 139 ER -