eprintid: 72372 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/23/72 datestamp: 2025-08-05 03:39:27 lastmod: 2025-08-05 03:39:27 status_changed: 2025-08-05 03:39:27 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Tsania Sausan Hasna, NIM.: 23204021025 title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK MAHARAH QIRA’AH MELALUI GOOGLE SITES PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Maharah Qira’ah, Penilaian Otentik, Media Pembelajaran note: Dr. Hj. R Umi Baroroh, S. Ag, M. Ag. abstract: Pembelajaran Qiraah Al-Asasiyah di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga masih didominasi metode pasif dan penilaian yang terbatas pada aspek kognitif, seperti kehadiran dan tugas tertulis. Aspek sikap dan keterampilan belum terukur secara optimal, sehingga partisipasi dan motivasi mahasiswa cenderung rendah. Untuk itu, dibutuhkan instrumen penilaian otentik yang komprehensif, kontekstual, dan mampu mengukur seluruh aspek kompetensi. Penelitian ini mengembangkan instrumen penilaian otentik maharah qiraah melalui Google Sites guna mendukung pembelajaran yang lebih bermakna dan aplikatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) merumuskan instrumen penilaian otentik maharah qiraah yang memenuhi standar penilaian Rusydi Ahmad Thuaimah dengan melalui Google Sites untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, (2) menghasilkan instrumen penilaian otentik maharah qiraah yang valid, reliabel dan layak melalui Google Sites untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan (3) mengevaluasi efektivitas instrumen penilaian otentik maharah qiraah melalui Google Sites untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model pengembangan 4-D. Validitas isi instrumen dibuktikan dengan expert judgement oleh ahli materi dan ahli media dan dianalisis menggunakan CVR/CVI. Validitas empiris dibuktikan dan dianalisis menggunakan program Winsteps 3.37. Data hasil uji coba dianalisis menggunakan model Rasch dengan bantuan program Winsteps 3.37. Uji coba instrumen melibatkan 23 mahasiswa kelas A Semester 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Instrumen penilaian otentik maharah qiraah melalui Google Sites untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dirancang berdasarkan standar penilaian Rusydi Ahmad Thuaimah. Instrumen memuat teks otentik berbahasa Arab dan tugas-tugas bermakna yang menilai empat indikator utama: pemahaman ide pokok, kemampuan menceritakan kembali isi teks, identifikasi mufrodat baru, dan penyusunan laporan yang sistematis, (2) Instrumen valid melalui expert judgement CVR/CVI, unidimensionalitas 61,7%, dan fit dengan model Rasch pada 12 butir instrumen. Reliabilitas terbukti baik dengan Alpha Cronbach 0,72 dan reliabilitas item 0,92, serta memiliki tingkat kesukaran bervariasi (difficulty index -4,67 hingga 2,57), dan (3) Efektivitas instrumen ditunjukkan dengan tingkat keterlaksanaan pembelajaran 92,98% dan kemampuan mengukur kemampuan mahasiswa dari level rendah hingga tinggi. Google Sites mendukung integrasi media, fleksibilitas format, dan interaksi pengguna untuk evaluasi komprehensif aspek literal, inferensial, kritis, dan aplikatif. Instrumen penilaian otentik maharah qiraah melalui Google Sites ini layak, valid, reliabel, dan efektif untuk mengukur kemampuan membaca bahasa Arab mahasiswa secara otentik dan kontekstual. date: 2025-07-08 date_type: published pages: 196 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Tsania Sausan Hasna, NIM.: 23204021025 (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK MAHARAH QIRA’AH MELALUI GOOGLE SITES PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72372/1/23204021025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72372/2/23204021025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf