<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DAN BI’AH LUGAWIYYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI THAMAVITYA MULNITI SCHOOL THAILAND (STUDI ANALISIS KORELASIONAL)"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat hubungan antara\r\npenguasaan bahan ajar bahasa Arab dan bī’ah lugawiyyah terhadap keterampilan\r\nberbicara siswa di Thamavitya Mulniti School, Thailand. Penelitian ini\r\nmenggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi ganda. Sampel\r\ndalam penelitian ini berjumlah 41 siswa yang dipilih secara acak menggunakan\r\nteknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes\r\nketerampilan berbicara, angket, wawancara, dan dokumentasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan\r\nantara penguasaan bahan ajar dengan keterampilan berbicara, dengan koefisien\r\nkorelasi sebesar 0,379 (hubungan yang cukup). Selain itu, bī’ah lugawiyyah juga\r\nmemiliki hubungan yang sangat kuat dengan keterampilan berbicara, dengan nilai\r\nkoefisien korelasi sebesar 0,944 (hubungan sangat kuat). Hal ini menunjukkan\r\nbahwa bī’ah lugawiyyah memiliki pengaruh yang jauh lebih kuat terhadap\r\nketerampilan berbicara dibandingkan penguasaan bahan ajar. Sedangkan secara\r\nsimultan, hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa kedua variabel\r\nindependen tersebut berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara,\r\ndengan nilai koefisien korelasi gabungan (R) sebesar 0,879 dan R² sebesar 0,733,\r\nyang berarti 73,3% variasi keterampilan berbicara dapat dijelaskan oleh kedua\r\nvariabel tersebut. Temuan ini menegaskan bahwa pihak sekolah tidak cukup hanya\r\nmenekankan penguasaan materi ajar, tetapi juga perlu menciptakan lingkungan\r\nbahasa yang kondusif (bī’ah lugawiyyah) dalam meningkatkan keterampilan\r\nberbicara siswa.\r\nTemuan ini mengimplikasikan pentingnya penguatan dan pengembangan\r\nlingkungan berbahasa Arab yang aktif dan bermakna dalam pembelajaran. Oleh\r\nkarena itu, sekolah disarankan untuk menciptakan bī’ah lugawiyyah secara merata\r\ndi semua jenjang pendidikan dan memberi dukungan penuh kepada guru dalam\r\nmerancang pembelajaran berbasis praktik lisan. Penelitian selanjutnya disarankan\r\nuntuk memperluas populasi penelitian di berbagai sekolah dengan latar belakang\r\nberbeda serta menambahkan variabel lain seperti motivasi belajar, gaya mengajar\r\nguru, atau penggunaan media pembelajaran untuk mendapatkan pemahaman yang\r\nlebih komprehensif.\r\nKata Kunci: Bahan Ajar Bahasa Arab, Bī’ah Lugawiyyah, Keterampilan\r\nBerbicara"^^ . "2025" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM\\.: 23204021007"^^ . "Wildatul Muyasiroh"^^ . "NIM\\.: 23204021007 Wildatul Muyasiroh"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DAN BI’AH LUGAWIYYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI THAMAVITYA MULNITI SCHOOL THAILAND (STUDI ANALISIS KORELASIONAL) (Text)"^^ . . . . . "23204021007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DAN BI’AH LUGAWIYYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI THAMAVITYA MULNITI SCHOOL THAILAND (STUDI ANALISIS KORELASIONAL) (Text)"^^ . . . . . "HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DAN BI’AH LUGAWIYYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI THAMAVITYA MULNITI SCHOOL THAILAND (STUDI ANALISIS KORELASIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DAN BI’AH LUGAWIYYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI THAMAVITYA MULNITI SCHOOL THAILAND (STUDI ANALISIS KORELASIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DAN BI’AH LUGAWIYYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI THAMAVITYA MULNITI SCHOOL THAILAND (STUDI ANALISIS KORELASIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DAN BI’AH LUGAWIYYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI THAMAVITYA MULNITI SCHOOL THAILAND (STUDI ANALISIS KORELASIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DAN BI’AH LUGAWIYYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI THAMAVITYA MULNITI SCHOOL THAILAND (STUDI ANALISIS KORELASIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DAN BI’AH LUGAWIYYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI THAMAVITYA MULNITI SCHOOL THAILAND (STUDI ANALISIS KORELASIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DAN BI’AH LUGAWIYYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI THAMAVITYA MULNITI SCHOOL THAILAND (STUDI ANALISIS KORELASIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DAN BI’AH LUGAWIYYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI THAMAVITYA MULNITI SCHOOL THAILAND (STUDI ANALISIS KORELASIONAL) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #72377 \n\nHUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DAN BI’AH LUGAWIYYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI THAMAVITYA MULNITI SCHOOL THAILAND (STUDI ANALISIS KORELASIONAL)\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI" . .