relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72381/ title: PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN TERHADAP KOMPETENSI KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI SPIRITUAL MAHASISWA S1 PAI DI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA creator: Alif Nur Rohman, NIM.: 23204011071 subject: Pendidikan Agama Islam description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pengenalan Lapangan Persekolahan mahasiswa S1 PAI di FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, mengetahui kompetensi kepemimpinan dan kompetensi spiritual mahasiswa S1 PAI di FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan mengetahui seberapa tinggi pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap kompetensi kepemimpinan dan kompetensi spiritual mahasiswa S1 PAI di FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis kuantitatif dengan model statistik. Hasil penelitian ini adalah implementasi Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di FITK UIN Sunan Kalijaga secara garis besar sudah terlaksana dengan baik berdasarkan landasan hukum dan prosedur kegiatan yang berlaku. Mulai dari pemahaman tentang mekanisme PLP, implementasi tahap persiapan PLP, implementasi tahap pelaksanaan PLP, dan implementasi tahap penilaian PLP. Kompetensi kepemimpinan dan kompetensi spiritual menjadi kompetensi tambahan yang harus dicapai mahasiswa PAI karena terdapat peraturan kompetensi kepemimpinan dan kompetensi spiritual yang dikhususkan bagi calon guru PAI di Sekolah. Keberhasilan pencapaian kompetensi kepemimpinan dan kompetensi spiritual dapat diukur dengan menggunakan data kuantiatif Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap Kompetensi Kepemimpinan dan Kompetensi Spiritual mahasiswa S1 PAI di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sebagaimana dilihat dari hasil analisis menggunakan uji t dependent dengan bantuan program SPSS 21 for windows menunjukkan bahwa pada data kompetensi kepemimpinan dan kompetensi spiritual menunjukkan nilai (Sig.) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti Pengenalan Lapangan Persekolahan berpengaruh terhadap Kompetensi Kepemimpinan dan Kompetensi Spiritual mahasiswa S1 PAI di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sedangkan besarnya pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap Kompetensi Kepemimpinan dan Kompetensi Spiritual mahasiswa S1 PAI di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yaitu dengan melihat R Square pada tabel koefisien determinasi Model Summary. Sebagaimana dilihat dari hasil Model Summary dengan bantuan program SPSS 21 for windows menunjukkan bahwa diperoleh nilai R Square sebagai nilai koefisien determinasi sebesar 0,525 yang berarti R Square = 0,525 x 100% = 52,5%. Artinya pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap Kompetensi Kepemimpinan dan Kompetensi Spiritual sebesar 52,5% dan sisanya 47,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengenalan Lapangan Persekolahan, Kompetensi Kepemimpinan, Kompetensi Spiritual date: 2025-07-08 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72381/1/23204011071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72381/2/23204011071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Alif Nur Rohman, NIM.: 23204011071 (2025) PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN TERHADAP KOMPETENSI KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI SPIRITUAL MAHASISWA S1 PAI DI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.