TY - THES N1 - Dr. Ahmad Fauzi, M.S.I. ID - digilib72388 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72388/ A1 - Sairatun Nida, NIM.: 23200011003 Y1 - 2025/06/04/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya stereotip dan diskriminasi sosial terhadap kelompok transpuan dalam ruang-ruang keagamaan di Indonesia. Pondok Pesantren Transpuan Al-Fatah Yogyakarta hadir sebagai fenomena sosial dan keagamaan yang menantang norma-norma dominan terkait gender dan spiritualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tiga fokus utama yaitu bagaimana proses pembelajaran berlangsung di lingkungan pesantren transpuan, bagaimana stereotip sosial terbentuk dan dialami oleh para santri dan bagaimana dampak psikologis dari stereotip tersebut dirasakan serta direspons oleh para santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan, jenis penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan aktif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara tematik dengan menggunakan pisau analisis teori interseksionalitas dan teori queer untuk memahami kompleksitas identitas santri transpuan dalam konteks keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Fatah berlangsung secara inklusif, berbasis kebutuhan santri, dan berfokus pada rekonstruksi identitas spiritual transpuan. Stereotip sosial terhadap para santri masih sangat kuat, namun mulai mengalami pergeseran di lingkungan terdekat melalui pendekatan sosial dan keterlibatan aktif santri dalam kegiatan masyarakat. Secara psikologis, para santri mengalami tekanan akibat stigma sosial, namun lingkungan pesantren memberikan ruang pemulihan dan penguatan identitas melalui komunitas yang suportif.Kontribusi ilmiah dari penelitian ini terletak pada pengayaan wacana pendidikan Islam yang inklusif, serta penegasan pentingnya pendekatan interseksional dan teori queer dalam memahami dinamika identitas gender dalam ruang-ruang keagamaan. Penelitian ini juga membuka peluang pengembangan kurikulum keislaman yang lebih ramah terhadap keberagaman identitas serta mendukung penguatan kebijakan pendidikan berbasis hak asasi manusia. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - interseksionalitas; Pondok Pesantren Al-Fatah; stereotip sosial M1 - masters TI - DINAMIKA KEHADIRAN PONPES TRANSPUAN AL-FATAH YOGYAKARTA: ANTARA PROSES PEMBELAJARAN, STEREOTIP SOSIAL DAN DAMPAK PSIKOLOGIS AV - restricted EP - 162 ER -