eprintid: 72392 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/23/92 datestamp: 2025-08-05 07:52:25 lastmod: 2025-08-05 07:52:25 status_changed: 2025-08-05 07:52:25 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: durisofwan@gmail.com creators_name: Chaerul Annam Maulana, NIM.: 20104090026 title: IMPLEMENTASI MANAJEMEN KONFLIK DALAM TIM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN PENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH KALASAN ispublished: pub subjects: mkpi divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Manajemen Konflik, Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan note: Prof. Dr. Imam Machali, M.Pd. abstract: Latar belakang penelitian ini berawal dari adanya peraturan kurikulum yang diputuskan oleh Pemerintah Melalui Kemendikbud Ristek Mengeluarkan Permendikbud Ristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang pencegahan dan penangan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan. Dimana Peraturan ini merupakan bagian dari kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Episode 25. Peraturan ini hadir untuk melindungi seluruh peserta didik memperoleh pendidikan yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Adapun bagi pendidik dan tenaga kependidikan, peraturan ini menjadi proteksi diri dalam bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara Transcriping, Coding, Grouping, Comparing dan Contrasting serta Interpreting. Keabsahan data diperkuat dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : a) Berdasarkan teori George R. Terry Proses manajemen yang dilakukan oleh SMA Muhammadiyah Kalasan berjalan dengan belum optimal, pihak sekolah menaati aturan yang ada dan diberikan oleh peraturan menteri terkait dengan pembentukkan tim pencegahan dan penangan kekerasan, namun terdapat aspek yang tidak optimal; b) Strategi penanganan konflik secara responsif yang diterapkan oleh pihak sekolah merupakan hal yang sangat patut di apresiasi, Pendekatan yang dilakukan tidak hanya bersifat disipliner, tetapi juga edukatif. Setiap kasus kekerasan yang terjadi ditangani dengan prinsip keadilan dan profesional; c) Dampak adanya Tim pencegahan dan Penanganan Kekerasan memberikan dampak positif kepada SMA Muhammadiyah Kalasan diantaranya, menjadi sebuah kejelasan dimana jika ada konflik harus kemana dan memberikan rasa aman bagi para peserta didik. Kata Kunci : Manajemen Konflik, Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan 13 date: 2025-07-16 date_type: published pages: 169 institution: UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Chaerul Annam Maulana, NIM.: 20104090026 (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KONFLIK DALAM TIM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN PENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72392/1/20104090026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72392/2/20104090026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf