eprintid: 72393 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/23/93 datestamp: 2025-08-05 08:46:03 lastmod: 2025-08-05 08:46:03 status_changed: 2025-08-05 08:46:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: durisofwan@gmail.com creators_name: Nada Nabilah Syafiqoh, NIM.: 21204021020 title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS CEFR UNTUK SISWA KELAS IV SDIT AL-FATIH TULUNG SELAPAN PALEMBANG ispublished: pub subjects: teo_pen divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Bahan Ajar, Bahasa Arab, CEFR note: Dr. Muhajir, S.Pd.I, M.SI. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan hasil observasi, guru di SDIT Al-Fatih Tulung Selapan Palembang hanya menggunakan catatan dari pembelajaran di pesantren dan kitab Af-al. Dalam menyampaikan materi, guru menggunakan metode ceramah. Proses pembelajaran yang demikian membuat siswa menjadi pasif dan kurang beresemangat mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan bahan ajar bahasa Arab berbasis CEFR. 2) menguji kelayakan bahan ajar Bahasa Arab Berbasis CEFR 3) menilai efektivitas bahan ajar bahasa Arab berbasis CEFR yang dikembangkan untuk siswa kelas IV SDIT Al-Fatih Tulung Selapan Pelambang. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Untuk mengukur efektivitas bahan ajar, peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Tulung Selapan Palembang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Selanjutnya, data berupa angka dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan Uji N-Gain dengan bantuan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Produk berupa bahan ajar bahasa Arab berbentuk cetak berbasis CEFR. Memuat materi kelas IV semester ganjil dengan tema Al-Unwaanu, Al-Mihnah dan Aamaalii. Dalam rangka untuk mendorong aktivitas belajar siswa, konten materi pada bahan ajar bahasa Arab disajikan ke dalam beragam bentuk, antara lain; bentuk teks, gambar, audio, dan latihan soal 2) Hasil analisis produk yang telah dikembangkan berawal dari hasil uji kelayakan para ahli, meliputi ahli materi dan ahli media. Hasil persentase rata-rata keseluruhan aspek yang dinilai oleh ahli media sebesar 80%, termasuk pada kategori “layak”, sedangkan dari ahli materi sebesar 83% termasuk pada kategori “sangat layak”. 3) Respons guru dan siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan sangat positif. Rata-rata respons guru pada keseluruhan aspek yang dinilai adalah 4,47, adapun rata-rata respons siswa adalah sejumlah 4,23. Derajat persepsi dari kedua skor tersebut yakni “sangat positif”. Hasil uji T-test data Post-test kelas kontrol dan eksperimen sebesar 0,000 dan hasil uji N-Gain score kelas eksperimen dengan nilai mean sebesar 0,58 atau 57,81% dengan kategori tafsiran “cukup efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar bahasa Arab berbasis CEFR cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa. Kata Kunci: Bahan Ajar, Bahasa Arab, CEFR. date: 2025-03-24 date_type: published pages: 231 institution: UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: mphil citation: Nada Nabilah Syafiqoh, NIM.: 21204021020 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS CEFR UNTUK SISWA KELAS IV SDIT AL-FATIH TULUNG SELAPAN PALEMBANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72393/1/21204021020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72393/2/21204021020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf